Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal ABSYARA memiliki cakupan dan ruang lingkup materi dari kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM/PKM) yang terdiri dari:

  1. PPM bidang Pendidikan, contoh: pengedukasian masyarakat tentang kesehatan, pendampingan belajar daring untuk siswa sekolah dasar, dll
  2. PPM bidang Sains, contoh: pemeriksaan kandungan zat adiktif pada pedagang makanan kecil dll
  3. PPM bidang Teknologi, contoh: pendampingan masyarakat untuk pengelolaan sampah, pemanfaatan teknologi pangan, dll

 

Section Policies

Vol. 1 No. 1

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Vol. 1 No. 2

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Jurnal ABSYARA ini merupakan terbitan ilmiah sehingga naskah yang diterima hanya  naskah ilmiah berupa artikel ilmiah hasil dari kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat yang belum pernah dipublikasikan. Proses review dilakukan melibatkan penulis, editor, section editor, dan reviewer. Setiap naskah yang masuk terlebih dahulu diperiksa oleh editor, jika artikel memenuhi focus and scope serta pedoman penulisan Jurnal ABSYARA maka naskah dilanjutkan ke reviewer untuk direview konten dan kebaruan naskah tersebut, jika tidak maka naskah akan dikembalikan ke penulis.  Setiap naskah akan diperiksa oleh maksimal dua reviewer selama 4 minggu dengan kriteria penilaian naskah sebagaimana tersebut pada Form Penilaian Artikel untuk reviewer.

 

Publication Frequency

Jurnal ABSYARA terbit 2 kali dalam setahun.

  • Issu / Nomor 1 : Bulan JULI
  • Issu / Nomor 2 : Bulan DESEMBER

 

Open Access Policy

Jurnal ABSYARA memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Elemen dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya. Namun, jika data pada artikel ini digunakan sebagai bahan dalam penulisan artikel maupun yang lainnya, harus mengutip dan mencantumkan nama penulis artikel pada artikel yang dibuat.

 

Archiving

Jurnal ini menggunakan sistem LOCKSS untuk membuat sistem pengarsipan terdistribusi di antara perpustakaan yang berpartisipasi dan memungkinkan perpustakaan tersebut untuk membuat arsip permanen jurnal untuk tujuan pelestarian dan pemulihan. Lebih...

 

Publication Frequency

ABSYARA adalah Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) pada Bidang Pendidikan, Sains, dan Teknologi yang mempublikasikan artikel secara kolektif pada bulan JULI dan DESEMBER pada setiap tahun.

 

Open Access Policy

Jurnal ABSYARA memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal ABSYARA dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya. Namun, jika data pada artikel ini digunakan sebagai bahan dalam penulisan artikel maupun yang lainnya, harus mengutip dan mencantumkan nama penulis artikel pada artikel yang dibuat.

 

Archiving

Jurnal ABSYARA menggunakan sistem LOCKSS untuk membuat sistem pengarsipaan terdistribusi diantara perpustakaan yang berpartisipasi dan mengizinkan perpustakaan tersebut membuat arsip permanen jurnal untuk tujuan pelestarian dan restorasi.

 

Free-Processing, Access, and Download Policy

Jurnal ABSYARA memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal ABSYARA dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.

 

Guidance for Editors

Editor sebagai salah satu user pada Jurnal ABSYARA memiliki peranan penting dalam menjaga kualitas pengelolaan jurnal. Oleh karena itu, Jurnal ABSYARA membuat panduan bagi editor yang mengacu kepada panduan bagi editor yang direkomendasikan oleh Committee on Publication Ethics (COPE). Berikut ini beberapa hal yang harus dipertimbangkan oleh editor dalam meninjau suatu naskah yaitu:

  1. Apakah penelitian ilmiah valid dan disajikan dengan jelas; misalnya apakah ukuran sampel memadai? apakah hasil disajikan secara memadai dan dijelaskan secara jelas? apakah peneliti mempertimbangkan mempertimbangkan faktor bias yang mungkin terjadi? apakah studi ini berkontribusi cukup terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan dapat diterima?
  2. Apakah tidak ada pelanggaran etika dalam proses penelitian maupun penulisan naskah?
  3. Apakah naskah memiliki manfaat yang lebih besar daripada kerugiannya?
  4. Jika ada keraguan tentang hukum atau peraturan tertentu, editor harus mengklarifikasi ini dengan penulis dan minta mereka untuk memberikan surat dari komite etika penelitian individu atau etika penelitian di suatu instansi.

Editor juga harus mempertimbangkan apakah naskah yang dikirim penulis sudah memenuhi focus and scope, panduan dan template penulisan artikel pada Jurnal ABSYARA. Disamping itu, editor juga harus mengecek tingkat similarity suatu naskah dengan menggunakan software  Plagiarism Checker X, atau yang lainnya.

 

Ethical Guidelines for Peer Reviewers

Reviewer sebagai salah satu user pada Jurnal ABSYARA memiliki peranan penting dalam menjaga kualitas dan integritas suatu naskah yang masuk ke Jurnal ABSYARA. Oleh karena itu, Jurnal ABSYARA membuat panduan bagi reviewer yang mengacu kepada panduan bagi reviewer yang direkomendasikan oleh Committee on Publication Ethics (COPE). Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan menjadi seorang reviewer yaitu:

  1. Bertanggungjawab secara profesional 
  2. Objektif
  3. Ketepatan waktu dalam mereview

Selanjutnya, selama proses review, reviewer harus memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Langkah awal: Baca naskah, file data pelengkap (jika ada), dan materi tambahan secara menyeluruh (jika ada), kembalilah ke jurnal jika ada yang tidak jelas dan meminta sesuatu tidak lengkap yang Anda butuhkan. Jangan hubungi penulis secara langsung tanpa izin jurnal. 
  2. Kerahasiaan: Hormati kerahasiaan proses review dan hentikan penggunaan informasi yang diperoleh selama proses review untuk keuntungan Anda sendiri atau orang lain, atau merugikan atau mendiskreditkan orang lain Jangan melibatkan orang lain dalam review naskah tanpa terlebih dahulu mendapatkan izin dari jurnal.

  3. Bias dan kepentingan: Reviewer harus berlaku adil, objektif dan tidak boleh rasis. Jika Anda tidak cocok dengan naskah yang ditugaskan oleh editor, sebaiknya informasikan ke editor mengenai hal tersebut agar naskah tersebut direview oleh reviewer lain yang sesuai dengan bidangnya.

  4. Kecurigaan pelanggaran etika: Jika Anda menemukan ketidakberesan sehubungan dengan penelitian dan etika publikasi, informasikan kepada jurnal. Misalnya, Anda mungkin memiliki kekhawatiran bahwa kesalahan terjadi selama penelitian atau penulisan dan penyerahan naskah, atau Anda mungkin melihat kemiripan substansial antara naskah dan pengiriman bersamaan ke jurnal lain atau artikel yang dipublikasikan atau masalah etika lainnya, hubungi editor secara langsung mengenai hal tersebut dan jangan mencoba untuk menyelidiki sendiri. Adalah tepat untuk bekerja sama dengan jurnal, tetapi tidak secara pribadi menyelidiki lebih lanjut kecuali jurnal meminta informasi tambahan atau saran.

  5. Pengalihan review: Jika Anda sudah mereview suatu artikel di jurnal lain dan artikel tersebut ditolak dan dikirim ke Jurnal ABSYARA, maka Anda sebaiknya mereview kembali naskah tersebut, mungkin naskah sudah mengalami perbaikan dan Anda sudah mengetahui kekurangan naskah tersebut sebelumnya.

Sebelum meberikan komentar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:

  1. Format: Ikuti petunjuk jurnal dalam memberikan komentar. Jika diperlukan format atau rubrik skor tertentu, gunakan alat yang disediakan oleh jurnal. Anda harus obyektif dan konstruktif dalam memberikan komentar, berikan umpan balik yang akan membantu penulis untuk memperbaiki naskah mereka. Bersikaplah profesional dan tidak bersikap memusuhi atau meradang dan dari membuat komentar pribadi yang mencemarkan atau menghina penulis.
  2. Umpan balik yang tepat: Ingatlah bahwa editor memerlukan penilaian yang adil, jujur, dan tidak bias terhadap kekuatan dan kelemahan naskah. Anda sebaiknya memberikan rekomendasi apakah naskah tersebut diterima/direvisi/ditolak; setiap rekomendasi harus sesuai dengan komentar yang diberikan dalam ulasan. Pastikan komentar dan rekomendasi Anda kepada editor konsisten dengan laporan Anda untuk penulis.
  3. Bahasa dan gaya: gunakan bahasa dan gaya penulisan yang dapat difahami oleh penulis dan editor.
  4. Saran untuk pekerjaan lebih lanjut: Anda harus memberikan saran jika ada sesuatu hal yang keliru atau tidak ada dalam naskah sehingga penulis akan menambahkan informasi yang Anda maksudkan tersebut.
  5. Akuntabilitas: Jangan membuat komentar negatif yang tidak adil atau termasuk kritik yang tidak dibenarkan. Jangan menyarankan penulis menyertakan kutipan karya Anda (atau rekan kerja) hanya untuk meningkatkan jumlah kutipan atau untuk meningkatkan visibilitas pekerjaan Anda atau rekan Anda; saran harus didasarkan pada alasan akademis yang valid. Jangan sengaja memperpanjang proses review, baik dengan menunda pengiriman review Anda atau dengan meminta informasi tambahan yang tidak perlu dari jurnal atau penulis.

 

Publication Ethics

Jurnal ABSYARA adalah kumpulan artikel mahasiswa, dosen, praktisi, dan yang lainnya pada kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) di bidang Pendidikan, Sains, dan Teknologi, dimana setiap artikelnya merupakan naskah asli, tidak mengandung unsur plagiarisme, tidak diterbitkan secara berganda, dan telah melalui proses peer review untuk memastikan kualitas artikel, serta Tim penyunting tidak mengungkapkan informasi pribadi apa pun tentang naskah kepada siapa pun selain penulis, dan menjunjung tinggi obyektivitas dalam membuat keputusan menerbitkan artikel.

Kode Etik Publiksi dan Kepengarangan (Authorship)

  1. Semua artikel  yang dikirim harus melalui proses peer-review oleh dua reviewer yang ahli pada bidangnya
  2. Semua artikel yang telah di submit di Jurnal ABSYARA akan dicek  tingkat relevansi, keasliannya, tata cara penulisannya, dan bahasa.
  3. Keputusan yang diambil adalah artikel tersebut diterima, diterima dengan revisi, atau ditolak
  4. Jika penulis didorong untuk merevisi dan mengirimkan kembali artikel tersebut, kemungkinan ada jaminan hasil revisi tersebut dapat diterima.
  5. Artikel yang ditolak tidak akan ditinjau ulang.
  6. Penerimaan artikel dibatasi oleh persyaratan hukum yang akan berlaku terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme.

Tanggung Jawab Penulis (author)

  1. Penulis harus menyatakan bahwa naskah mereka adalah karya asli mereka.
  2. Penulis harus menyatakan bahwa naskah tersebut sebelumnya belum pernah diterbitkan di tempat lain.
  3. Penulis harus menyatakan bahwa naskah tersebut saat ini tidak dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain.
  4. Penulis harus berpartisipasi dalam proses peer review.
  5. Penulis diwajibkan untuk melakukan pencabutan atau koreksi kesalahan.
  6. Penulis harus menyatakan bahwa semua data dalam makalah ini nyata dan asli.
  7. Penulis harus memberi tahu Redaksi tentang konflik kepentingan.
  8. Penulis harus mengidentifikasi semua sumber yang digunakan dalam pembuatan naskah mereka.
  9. Penulis harus melaporkan kesalahan apa pun yang mereka temukan dalam makalah yang diterbitkan kepada Editor.

Tanggung Jawab Reviewer

  1. Reviewer harus merahasiakan semua informasi tentang makalah dan memperlakukannya sebagai informasi istimewa.
  2. Ulasan harus dilakukan secara objektif, tanpa kritik pribadi dari penulis
  3. Reviewer harus mengekspresikan pandangan mereka secara jelas dengan argumen yang mendukung
  4. Reviewer harus mengidentifikasi karya yang diterbitkan relevan yang belum dikutip oleh penulis.
  5. Reviewer juga harus meminta agar Editor in Chief memperhatikan adanya kesamaan substansial atau tumpang tindih antara naskah yang sedang dipertimbangkan dan artikel lain yang diterbitkan yang memiliki pengetahuan pribadi.

Tanggung Jawab Editor

  1. Editor memiliki tanggung jawab dan wewenang penuh untuk menolak / menerima artikel.
  2. Editor bertanggung jawab atas isi dan kualitas publikasi secara keseluruhan.
  3. Editor harus menjamin kualitas artikel dan integritas catatan akademik.
  4. Editor harus menerbitkan halaman yang salah atau melakukan koreksi bila diperlukan.
  5. Editor harus memiliki gambaran yang jelas tentang sumber dana penelitian.
  6. Editor harus mendasarkan keputusan mereka hanya pada satu kepentingan, keaslian, kejelasan, dan relevansi makalah dengan ruang lingkup publikasi.
  7. Editor tidak boleh membalikkan keputusan mereka atau membatalkan keputusan editor sebelumnya tanpa alasan serius.
  8. Editor harus menjaga kerahasiaan reviewer.
  9. Editor harus memastikan bahwa semua materi penelitian yang mereka terbitkan sesuai dengan pedoman etika yang diterima secara internasional.
  10. Editor seharusnya hanya menerima makalah jika cukup yakin.
  11. Editor harus bertindak jika mereka mencurigai adanya pelanggaran, apakah sebuah makalah diterbitkan atau tidak diterbitkan, dan melakukan semua upaya yang masuk akal untuk tetap mendapatkan resolusi untuk masalah tersebut.
  12. Editor tidak boleh menolak artikel berdasarkan kecurigaan, mereka harus memiliki bukti pelanggaran.

Tanggung Jawab Pengelola Jurnal

  1. Menentukan nama jurnal, lingkup keilmuan, keberkalaan, dan akreditasi apabila diperlukan.
  2. Menentukan keanggotaan dewan editor.
  3. Mendefinisikan hubungan antara penerbit, editor, mitra bestari, dan pihak lain dalam suatu kontrak.
  4. Menghargai hal-hal yang bersifat rahasia, baik untuk peneliti yang berkontribusi, penulis, editor, maupun mitra bestari.
  5. Menerapkan norma dan ketentuan mengenai hak atas kekayaan intelektual, khususnya hak cipta.
  6. Melakukan telaah kebijakan jurnal dan menyampaikannya kepada penulis, dewan editor, mitra bestari, dan pembaca.
  7. Membuat panduan kode berperilaku bagi editor dan mitra bestari.
  8. Mempublikasikan jurnal secara teratur.
  9. Menjamin ketersediaan sumber dana untuk keberlanjutan penerbitan jurnal.
  10. Membangun jaringan kerja sama dan pemasaran.
  11. Mempersiapkan perizinan dan aspek legalitas lainnya.

 

Author Fees

Jurnal ini membebankan biaya kepada penulis sebagai berikut: 

Pengiriman Artikel: 0.00 (IDR)

Penulis dibebaskan dari membayar Biaya Pengiriman Artikel sebagai bagian dari proses pengajuan untuk berkontribusi dalam biaya tinjauan.

Publikasi Artikel: 150.000.00 (IDR)

Jika makalah ini diterima untuk publikasi, Author akan diminta untuk membayar Biaya Publikasi Artikel untuk menutupi biaya publikasi. Jurnal ini memungut biaya publikasi artikel untuk menunjang biaya akses terbuka lebar penyebarluasan hasil penelitian, pengelolaan berbagai biaya yang terkait dengan penanganan dan penyuntingan naskah yang diserahkan, serta pengelolaan jurnal dan publikasi pada umumnya, penulis atau lembaga penulis. diminta untuk membayar biaya publikasi untuk setiap artikel yang diterima.