Pelatihan Computer Based Test (CBT) Ujian Nasional untuk siswa SMK di Lombok Timur
DOI:
https://doi.org/10.29408/ab.v1i1.2408Keywords:
Computer Based Test (CBT), Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Ujian NasionalAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa SMK mengenai proses dan cara kerja aplikasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sehingga siswa lebih siap dalam menghadapi UNBK 2017 mendatang. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah ceramah dan praktik menggunakan aplikasi Computer Based Test (CBT) dengan cara demontrasi aplikasi CBT sebagai simulasi UNBK. Luaran kegiatan ini adalah siswa mampu mengoprasikan aplikasi UNBK dengan baik, sehingga pada saat pelaksanaan UNBK yang sebenarnya siswa tidak kesulitan; artikel ilmiah (publikasi nasional). Hasil kegiatan yang telah dicapai antara lain memberikan banyak manfaat pada siswa SMK mitra, siswa mampu menguasai dan menggunakan aplikasi UNBK, siswa lebih siap menghadapi UNBK tahun 2017
References
Arief, R., & Suryani, E. (2016). Sistem Dinamik Ujian Nasional Berbasis Komputer Untuk Meminimalkan Resiko Kecurangan Serta Meningkatkan Efektifitas Dan Efisiensi Anggaran. INTEGER: Journal of Information Technology.
Arifianto, A. S., & Atmadji, E. S. (2016). Instalasi dan Konfigurasi Server-Client pada Sistem Oprasi Sumber Terbuka untuk Penerapan Computer Based Test pada SMKN 1 Maesan. Prosiding Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakan Dana BOPTN Politeknik Negeri Jember (pp. 173-176). Jember: Politeknik Negri Jember.
Basuki, I., & Hariyanto, M. (2014). Asesmen pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Bennett, R. E., & Gitomer, D. H. (2010). Transforming K–12 Assessment: Integrating Accountability Testing, Formative Assessment and Professional Support. In Educational Assessment in The 21st Century (pp. 43-61). Dordrecht: Springer.
BSNP Indonesia. (2015, 12 23). Retrieved from bsnp-indonesia.org: https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2015/12/Peraturan-BSNP-No-0034-POS-UN-TP-2015-2016.pdf
Darmawan, D., & Bariyah, S. H. (2015). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle dan Facebook Pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal Teknodik, 227-240.
Hermawan, B. (2016, 4 5). republika.com. Retrieved from Republika: https://republika.co.id/berita/ nasional/umum/16/04/05/o55xog354-unbk-2016-masih-terkendala-gangguan-server
Kholisho, Y. N., & Arianti, B. D. (2016). E-learning System Development with Moodle Based as Learning Tool in STKIP Hamzanwadi Selong. International Conference on Elementary and Teacher Education (ICETE) (pp. 544-551). Mataram: Univeritas Hamzanwadi.
LombokFM. (2016, Maret 24). Radio Lombok FM. Retrieved from LombokFM.com: https://lombokfm.com/hanya-1-sma-masuk-daftar-unbk-di-lotim.html
Murdiono, M. (2010). Pelatihan Penggunaan Internet sebagai Media Penelusuran Sumber Pustaka bagi Guru-guru Pendidikan Kewarganegaraan Se-kota Yogyakarta. INOTEKS.
Okezone. (2017, 2 19). news.okezone.com. Retrieved from Okezone: https://news.okezone.com /read/2017/02/19/65/1622274/mendikbud-targetkan-2018-sekolah-di-indonesia-gelar-unbk-serentak
Özad, B. E., & Kutoğlu, Ü. (2010). The use of the internet in media education. The Turkish Online Journal of Educational Technology (TOJET).
Pakpahan, R. (2016). Model Ujian Nasional Berbasis Komputer: Manfaat dan Tantangan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 22-23.
Priyono, F., Kanti, S., Dzulfiqar, I., Amirulloh, I., Alvi, A., & Rosiyadi, D. (2016). Analisis Sentimen Media Sosial Opini Ujian Nasional Berbasis Komputer menggunakan Metoda Naive Bayes. Journal of Electrical And Electronics Engineering.
Sailan, M. (2016). Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer Di Smk Komputer Mutiara Ilmu Makassar. Jurnal Tomalebbi.
Supriyanto, W., & Muhsin, A. (2008). Teknologi informasi perpustakaan. Kanisius.
Suryadi, S. (2015). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kegiatan Pembelajaran dan Perkembangan Dunia Pendidikan. JURNAL INFORMATIKA, 9-19.
Virtič, M. P. (2012). The role of internet in education. Proceedings of DIVAI 2012-9th International Scientific Conference on Distance Learning in Applied Informatics, (pp. 243-249). Štúrovo, Slovakia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. ABSYARA journal provides open access to information so that the findings in this article are useful for everyone. ABSYARA journal can be accessed and downloaded free of charge under the creative commons license.
Jurnal ABSYARA by Fakultas MIPA, Universitas Hamzanwadi distributed under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.