Tutorial Pembuatan Video Pembelajaran Online/Daring Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Ayunda Sayyidatul Ifadah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ajeng Rizki Safira Universitas Muhammadiyah Gresik

Keywords:

tutorial video pembelajaran, online/daring, pandemic covid 19

Abstract

Pandemi Covid-19 berpengaruh pada kegiatan pembelajaran tatap muka. Pembelajaran tatap muka dihentikan dan dialihkan dirumah masing - masing hingga akhir tahun ajaran 2019-2020. Surat Keputusan bersama dari kemendikbud, kemenag, kemenkes dan kemendagri memutuskan bahwa kegiatan belajar mengajar dirumah diperpanjang. Belum ada arahan untuk guru mempermudah pembelajaran dalam online/daring. Sehingga dibutuhkan contoh nyata untuk guru yang bisa digunakan sebagai alat untuk mempermudah dalam membuat media pembelajaran daring. Tutorial ini memberikan cara bagaimana membuat pembelajaran daring dengan mudah. Video tutorial diawalai dengan tahap pelaksanaan, meliputi kegiatan pembuatan video tutorial dan penyebarluasan secara masal. Respon positif didapat dari para guru yang telah melihat video tutorial pembuatan video ini.

References

Kemendikbud. 2018. Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarkat

Hasan, Maimunah. 2009. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Jogjakarta: Diva Press

Permendikbud. 2014. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.

Wijoyo & Indrawan. 2020. Model Pembelajaran Menyongsong New Era Normal Pada Lembaga PAUD di RIAU. Jurnal Sekolah.

“Pembelajaran di Rumah Jangan Hanya Fokus pada Akademik, Ajarkan Anak Tematik tentang Covid-19â€, 24 Maret 2020, https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/pembelajaran-di-rumah-jangan-hanya-fokus-pada-akademik-ajarkan-anak-tematik-tentang-covid19, diakses pada 20 Juni 2020.

Published

2020-10-23