Kegiatan Latihan Keseimbangan Dan Konsentrasi Pemula Karate Menggunakan Permainan Tradisional

Authors

  • Hariadi M.Pd Universitas Hamzanwadi
  • Suryansah Suryansah Universitas Hamzanwadi

Keywords:

Latihan Keseimbangan, Konsentrasi pemula, karate, permainan tradisional

Abstract

Olahraga merupakan kebutuhan kehidupan, setiap organ tubuh yang kita miliki membutuhkan ransangan agar peredaran darah dan oksigen dalam tubuh kita berjalan dengan lancar  sehingga setiap organ tubuh bekerja sesuai dengan fungsinya, dalam hal ini kami dari Prodi Pendidikan Jasmani, K,esehatan dan Rekreasi FKIP Universitas Hamzanwadi selalu ingin terlibat dalam setiap momen yang bersifat keolahragaan. Melihat pentingnya olahraga bagi kalangan pemuda kami dari Prodi Penjaskesrek mencoba untuk mengembangkan olahraga tidak hanya di bangku perkuliahan saja namun dari Prodi Penkjaskesrek ingin membina dan ikut serta dalam memajukan olahraga mulai dari tingkat Dusun sampai ke level Nasional. Minat anak muda pada masa sekarang dalam melakukan kegitan olahraga semakin berkurang, bahkan  lebih dominan  menyibukkan diri ke hal yang kurang bermanfaat seperti nongkrong dijalan dan balap-balapan liar. Untuk itu,  kami dari Program Study Penjaskesrek melakukan latihan karate dengan pemula yang ada di Karang Taruna Mercusuar Desa Sepit dan kami akan  melatih keseimbangan dan konsentrasi para peserta pemula agar setiap pertandingan yang akan diikuti selalau mendapatkan hasil yang diinginkan

Author Biography

Hariadi M.Pd, Universitas Hamzanwadi

 

References

Brian J. Sharkey, 2003. Kebugaran & Kesehatan. Pt. Rajakrafindo. Jakarta

Fratiwie, A. G. I., Suratmin, S. P. M., & Kardiawan, I. K. H. (2015). Pengaruh Pelatihan Three Corner Drill Dan Dot Drill Terhadap Kelincahan Atlet Karate Kumite Usia 14-16 Tahun Dojo Mahakerti Jembrana Tahun 2015. Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga Undiksha, 3(1).

Hadjarati, H. (2008). Pembinaan Klub Olahraga Karate Di Kota Gorontalo (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Joan M. Nelson, 2001. Latiahan Beladiri Peraktis. Pt. Rajakrafindo Persada. Jakarta

Kadarman, A., Ariani, L. P. T., & Muliarta, I. W. (2015). Pengaruh Pelatihan Lateral Cone Hops Dan Hurdle Hops Terhadap Power Otot Tungkai Pada Atlet Karate Kumite Klub Tri Yudha Sakti Di Kecamatan Sukasada Tahun 2015. Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga Undiksha, 3(1).

Saraswati, I. A. A. A. O., Suryada, I. G. A. B., & Suryada, I. G. A. B. (2018). Pusat Pelatihan Karate Di Denpasar, Bali. Penerapan Tema Neo Vernacular Pada Rancangan Bangunan. Jurnal Arsitektur Universitas Udayana, 6(2).

Tumbal, M. L. (2011). Perbandingan Front Cone Hops Dan Lateral Cone Hops Terhadap Peningkatan Kekuuatan Otot Tungkai Pada Olahraga Karate. Jurnal Health And Sport, 2(1).

Downloads

Published

2020-10-24