Mengurangi Kebebasan Berintraksi Sosial Anak Usia Sekolah Dasar Di Tengah Masa Covid-19 Dengan Program Penyuluhan Pada Masyarakat Dusun Nyelak Kelurahan Kelayu Jorong

Authors

  • Muhammad Deni Siregar BK universitas Hamzanwadi

Keywords:

Interaksi Sosial Anak, Sekolah Dasar, COvid-19, program penyuluhan

Abstract

Tujuan PKM  ini adalah: untuk mengurangi kebebasan berintraksi sosial anak usia sekolah dasar di tengah masa covid-19 dengan program penyuluhan  pada masyarakat dusun nyelak kelurahan kelayu jorong. Dimana masa anak selalu meringankan apa yang menjadi aturan pemerintah bahkan orang tua, anak-anak masih sering mengabaikan  semua seruan pemerintah, lebih banyak berkumpul dan berkeliaran dimana-mana yang mererka sukai bersama anak-anak seuia sekolah dasar. Pemikiran mereka bahwa pandemi covid-19 ini hanya untuk orang tua, sehingga anak-anak sulit untuk di atur oleh orang tua bahkan pemerintahan kelurahan dan RT-RW menjadi kwalahan mennekan kebesan anak dalam berintraksi sosial dengan teman sebaya. Maka dengan memberikan penyuluhan dari masjid dan musholla tentang pentingnya berdiam diri bersama keluarga di rumah masing-masing maka anak-anak bisa memahami bahaya covid-19 yang sedang mewabah. Adapaun isi dari penyuluhan tersebut adalah pemahaman tentang pentingnya social distance efektif mencegah penularan corona, alasan dilarangnya berintaksi sosial dengan teman di masa pandemi covid-19.

References

Kapolri. (2020). Maklumat Kapolri (Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona-19) (P. 1). Kapolri.

Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi Pembelajaran Pada Masa Lockdown Bagi Lembaga Paud Di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 177-186.

NTB, G. (2020). Kewaspadaan Segenap Komponen Masyarkat NTB Dalam Penangan Penyebaran Covid-19 (P. 1). Pemprov NTB.

RI, M. A. (2020). Surat Edaran (Panduan Ibadah Ramadhan Dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H Di Tengah Pandemi COVID-19). Kemenag RI.

Downloads

Published

2020-10-24