KESIAPAN ANAK KEMBALI KE SEKOLAH DI ERA NEW NORMAL
Abstract
Pendemi COVID-19 atau dikenal dengan virus corona sampai sekarang masih melanda, serta tidak dapat dipastikan kapan pandemi ini akan berakhir yang tentunya telah membawa dampak pada semua sektor kehidupan manusia dengan tidak ada perkecualian. Salah satu yang terdampak adalah sektor pendidikan yang menjadikan cara belajar bagi anak melalui daring. Salah satu cara agar pembelajaran tetap berjalan adalah dengan merencanakan pembelajaran tatapmuka terbatas. Pembelajaran tatap muka yang terbtasa inipun diperlukan persiapan yang matang tidak terkecuali persiapan pada anak. Tujuan dari webinar ini ialah menginformasikan pada para pendidik, dan lembaga mengenai kesiapan apa yang diperlukan oleh anak kembali kesekolah. Webinar ini dilakukan secara online melalui Zoom Pro dengan berbagai peserta yang tersebar di Indonesia. Pendaftar webinar sebanyak 172 peserta dan diikuti oleh 83 peserta. Webinar ini memiliki respon
yang baik yang terlihat dari banyaknya pertanyaan dan tanggapan dari para peserta.
References
Aronu, A., Awoer, C., Obinna, N., Ndudi, O. E., & Josephat, C. (2020). Readiness to Send Children Back
to School in the COVID-19 Pandemic: Maternal Perception and Preferences. Journal of Clinical and
Diagnostic Research, December. https://doi.org/10.7860/jcdr/2020/46257.14364
Engzell, P., Frey, A., & Verhagen, M. D. (2021). Learning loss due to school closures during the COVID19
pandemic. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America,
(17). https://doi.org/10.1073/PNAS.2022376118
Hanafiah & Suhan. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Refika Aditama. Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, dan T. K. A. (2021). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi Covid-19.
KEPUTUSAN BERSAMA MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, MENTERI AGAMA, MENTERI KESEHATAN, DAN MENTERI DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIA, 41 (2020).
Kimkong, H., & Koemhong, S. (2020). Online learning during COVID-19: Key challenges and suggestions to enhance effectiveness. Cambodian Education Forum (CEF), December, 1–15
Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2020). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635–1643. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.940
Tadesse, S., & Muluye, W. (2020). The Impact of COVID-19 Pandemic on Education System in Developing Countries : A Review. October. https://doi.org/10.4236/jss.2020.810011
UNICEF. (2020). Guidance for Re-Opening of Pre=Schools and Kindergartens Post Covid-19.
Yulia, H. (2020). Online Learning to Prevent the Spread of Pandemic Corona Virus in Indonesia. ETERNAL (English Teaching Journal), 11(1), 48–56. https://doi.org/10.26877/eternal.v11i1.606