Pendampingan Mahasiswa Kewirausahaan Lintas Prodi Berorientasi Start Up Dalam Pembuatan Aplikasi Ant Tri Melalui Pusat Inovasi dan Inkubasi Bisnis (PIIB) Universitas Hamzanwadi

Authors

  • Susilawati Susilawati Universitas Hamzanwadi
  • Hadiatul Rodiyah Uinversitas Hamzanwadi
  • rohyana fitriani
  • Satria Utama Universitas Hamzanwadi

Abstract

Tujuan dari program pendampingan mahasiswa kewirausahaan Lintas prodi ini untuk membina, mendidik dan mengembangkan kewirausahaan bagi mahasiswa. Sedangkan pendampingan yang dilakukan kemudian pada setiap tenant ditujukan untuk pemantauan operasional kerja dan analisis pada strategi pemasaran yang dilakukan. Metode pendekatan yang digunakan adalah Metode Pendekatan Participatory Action Learning System (PALS). metode PALS menitik beratkan peranan peserta secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga terbentuk sistem pembelajaran yang partisipatif, metode ini terdiri dari tiga fase, yakni (1) fase penyadaran kewirausahaan (awareness), (2) fase pengkapasitasan dan pendampingan kewirausahaan (entrepreneurship capacity building), dan (3) fase pelembagaan (institutionalization). . Kegiatan pembinaan dan pendampingan dilakukan selama pelaksanaan program. Hasil dari rangkain kegiatan pengabdian ini adalah  pengembangan salah satu produk aplikasi yaitu ANT-TRI. Output dari kegiatan yaitu munculnya banyak produk aplikasi, publikasi di media massa dan produk jasa yang dihasilkan.

References

Karlina, N., Halim, H. A., Azizi, M. F., Athusholihah, A., & Tarliyah, A. (2020). PEMBERDAYAAN JIWA KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT DESA CISEMPUR DAN PENDAMPINGAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS ECOMMERCE. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3). https://doi.org/10.24198/kumawula.v2i3.24592

Kurnia, M. T. (2020). PENGEMBANGAN POTENSI KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS BUNG KARNO. Dharmakarya, 9(4). https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v9i4.23656

Martial, T., Mhd. Asaad, Supriadi, Mahyu Danil, & Desi Novita. (2020). PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN FAKULTAS PERTANIAN BERBASIS SUMBERDAYA LOKAL. AMALIAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 4(1). https://doi.org/10.32696/ajpkm.v4i1.370

PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MEMBANTU MAHASISWA DALAM MEMPELAJARI MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT. (2020). Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(1). https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16047

Purnama, N. (2019). APLIKASI BANTU ANTRI UNTUK RUMAH SAKIT PENERIMA BPJS. Narada : Jurnal Desain Dan Seni, 6(3). https://doi.org/10.22441/narada.2019.v6.i3.005

Riswanto, A. (2016). PENDAMPINGAN KREATIVITAS DAN KEMANDIRIAN: PENDIDIKAN CALON WIRAUSAHAWAN MUDA. Edusentris, 3(3). https://doi.org/10.17509/edusentris.v3i3.240

Setyawati, C. Y. (2016). Dampak Mentoring Pada Keberhasilan Start-Up Business: Studi Kasus Pada Start-Up Business Di Indonesia. DeReMa Jurnal Manajemen, 11(2).

Siswanto, T., Shofiati, R., Hartini, & Kurniawan, W. (2019). Design Thinking Sebagai Metode Pengembangan Program Kewirausahaan Di FTI Universitas Trisakti. Seminar Nasional Inovasi Dan Aplikasi Teknologi Di Industri.

Yuhefizar. (2012). Definisi Aplikasi - Definisimu. Cara Mudah Membangun Website Interaktif Menggunakan CMS Joomla Edisi Revisi.

Downloads

Published

2021-08-31