PENDAMPINGAN PENYUSUNAN INSTRUMEN PENILAIAN HOTS DI SDN 4 TEBABAN KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Authors

  • Mijahamuddin Alwi Universitas Hamzanwadi
  • musabihatul Kudsiah Universitas Hamzanwadi
  • Dina Fadilah Universitas Hamzanwadi

Keywords:

Pendampingan, Instrumen Penilaian, HOTS

Abstract

Kegiatan Pendampingan Guru tentang penyususnan instrument penilaian berbasis higher order thinking skill merupakan bagian penting dari pengembangan kurikulum 2013 versi terbaru. Adapun tujuan dari kegiatan pendampingan ini adalah (1) memberikan pemahaman yang tepat tentang kurikulum 2013 dan high order thinking skills (HOTS) serta instumen penilaiannya bagi guru SDN 4 Tebaban; (2) meningkatkan kemampuan guru SDN 4 Tebaban dalam menyusun instrumen penilaian berbasis HOTS. Pendampingan ini dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 20 – 22 Maret 2020 di SDN 4 Tebaban.  Metode yang digunakan dalam kegiatan  PKM  ini  adalah dengan melakukan koordinasi, komunikasi, sosialisasi, diskusi, tanya jawab, dan praktek pembuatan instrument penilaian berbasis HOTS. Pelaksanaan pendampingan penyusunan instrument penilaian berbasis  HOTs bagi guru guru di  SDN 4 tebaban berhasil dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang sudah di susun. Kegiatan pendampingan ini mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengembangkan instrument penilaian berbasis HOTs. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah agar metode pelatihan dibuat lebih efektif untuk memudahkan peserta memahami materi pelatihan, kegiatan pendampingan penyusunan instrumen penilaian berbasis HOTS sebaiknya dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan oleh guru di sekolah, kegiatan pendampingan penyusunan instrumen penilaian berbasis HOTS sebaiknya pada tingkatan yang lebih luas (pada tingkat KKG ataupun gugus) agar lebih banyak guru terlibat, dan dimungkinkan adanya pengembangan Bank Soal berbasis HOTS di SD

References

Dian, A. &. (2018). kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan pemecahan masalah. CV Multimedia Edukasi.

Fadilah, D., & Hayati, N. (2018). Pengembangan Perangkat Tes Ipa (Ilmu Pengetahuan Alam) Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Pembentukan Bank Soal. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 1–13.

Fadilah, D., Kudsiah, M., & Karlinda, N. (2021). Pengembangan Bank Soal Tematik Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Di Sekolah Dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(1), 6–11.

Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2018). Pengembangan pembelajaran berbasis HOTS (higher order thinking skill) di sekolah dasar kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 1–11.

Kebudayaan, K. pendidikan dan. (2014). Konsep dan implementasi kurikulum 2013. Kemntrian pendidikan dan kebudayaan.

Downloads

Published

2021-08-31