PENDAMPINGAN BELAJAR DI RUMAH ( BDR) DI MASA SOCIAL DISTANCING MELALUI “STORY TELLING” ANAK SD/MI DI DUSUN LENDANG BATU KECAMATAN SUKAMULIA TIMUR

Authors

  • Yuniar Lestarini Universitas Hamzanwadi
  • Andi Sulastri
  • Zalia Muspita
  • Muchamad Triyanto
  • Baiq Shofa Ilhami

Keywords:

Belajar di rumah, Storry Telling

Abstract

Pandemi COVID-19 yang mendera hampir seluruh negara di dunia membawa pengaruh yang besar terhadap kehidupan manusia. Terpukulnya perekonomian, melambatnya pergerakan politik, berubahnya interaksi sosial dan budaya, serta semua bidang lain sebagai lingkup penyertanya seperti pendidikan Titik fokus Pengabdian Kepada Masyarakat  (PKM) kami, serta mencarikan solusi untuk penyelesaiannya. Rendahnya minat Belajar Di Rumah  terutama di masa pandemi covid 19 ini di Indonesia menyebabkan rendahnya pula mutu pendidikan di Indonesia. Inilah yang membuktikan bahwa kualitas sumber daya manusia di Indonesia semakin tahun semakin menurun dan tidak memahami keunggulan-keunggulan membaca. Petugas dalam pelaksanaan PKM ini berjumlah 6 orang dosen dan melibatkan remaja yang ada di dusun Dasan Lendang Batu  sebagai administrasi di perpustakaan dan bersama-sama membuat kreativitas yang mampu menarik minat anak untuk membaca. Dalam pelaksanaannya kita akan terus menerapkan  metode pembaharuan agar terus berkembang ide-ide pengajaran yang tepat dan efektif dalam membantu anak-anak dalam memperoleh pengetahuan dan dapat mengembangkan kreativitas. Didalam program Pendampingan Belajar Dari Rumah Ini memberikan kesempatan dan motivasi anak guna mengajarkan mereka akan pentingnya membaca dan dapat meningkatkan pengetahuan serta wawasan mereka. Dengan adanya pengetahuan dan wawasan anak-anak diharapkan dapat menjadi generasi yang mampu mengelola sumber daya alam yang ada di Desa Sukamulia Timur Dusun Lendang Batu Kec. sukamulia .

References

Mariana, S. and Zubaidah, E., 2015. Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Kelas V SD Se-Gugus 4 Kecamatan Bantul. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), pp.166-176.

Ningsih, S., 2014. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako, 2(4).

Nurhayani, I., 2017. Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), pp.54-59.

Downloads

Published

2022-02-20