Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Minat Baca pada Anak Usia Sekolah

Authors

  • Muhammad Deni Siregar BK universitas Hamzanwadi
  • Dukha Yunitasari Universitas Hamzanwadi
  • Marfuatun Marfuatun

Keywords:

Pendampingan Pelatihan dan minat baca,

Abstract

Membaca adalah kunci sukses dalam meraih impian karena dengan banyak membaca wawasan menjadi luas dan cepat memahami perkembangan zaman yang semakin komplekds dalam kehidupan nyata, membaca perintah pertama yang di turunkan Alloh SWT kepada Rosululloh SAW. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali dan mendampingi anak-anak pedusunan melalui pelatihan dan sekaligus dalam mendampingi dalam meningkatkan minat baca anak seusia sekolah dasar di dusun Nyelak. Anak dusun pada umumnya belum memahami perkembangan diri dalam menentukan sikap karena para orang tua juga yang memang latar belakang mereka sebagian besar putus sekolah, membaca bagi anak harus didampingi dan di latih dengan ketat, disiplin dan di berikan fasilitas berupa buku bacaan yang menarik untuk dibaca, sehingga anak termotivasi dalam membaca. Metode yang dipakai dalam pengabdian di dusun Nyelak dalam pendampingan ini adalah dengan menggunakan pendekatan silaturrohim di rumah penduduk yang merupakan obyek pendampingan, dimana jumlah mereka lima orang yang memang selalu bolos sekolah. Hasil pendampingan ini mneunjukkan bahwa anak-anak mulai bisa membaca karena respon pendampingan minat baca oleh orang tua sebagai orang terdekat anak mulai disiplin dalam memonitor anak mereka, ini terbukti anak-anak mengurangi tidak bolos sekolah, dan mengulangi pelajaran dirumah ketika pulang sekolah adapau dari ke lima siswa terdapat 1 siswa yang berkategori tinggi dengan nilai 80, dan 4 berkategori sangat tinggi dengan nilai 90

References

AN Wulanjani, CW Anggraeni. 2019. Meningkatkan minat membaca melalui gerakan literasi membaca bagi siswa sekolah dasar. Proceeding of Biology Education : journal.unj.ac.id

Iyakrus, et.all. 2022. Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua: Apakah Mempengaruhi Hasil Belajar pada Masa Pandemi Covid-19?. Jurnal Physical Activity Journal (PAJU). Kampus Pascasarjana, FKIP, Unsri, Jln. Srijaya Negara, Bukit Besar, Palembang

Ramadhan, Dekky Septia. 2022. Analisis Pengaruh Bimbingan Orang Tua terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas Rendah. Institutional Repository & scientific journals. Universitas Pasundan

Rifaldi Setiawan. 2022. Penerapan Metode Eja dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Bagi Anak Diseleksia Kelas II SLB Negeri Polewali. Eprints Universitas Negeri Makassar.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor - Faktor yang Mempengaruhi . Asdi Mahasatya.

Sifa’atur Rohma Agustina. 2022. Strategi Pendidik dalam Mengatasi Kesulitan Membaca pada Siswa Kelas II di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. Institutional Repository of UIN SATU Tulungagung.

Tatmikowati, Ambar. 2022. Penggunaan Metode Abjad dan Suku Kata dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas Satu MI Selawe Taji, Karas, Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Downloads

Published

2022-08-02