PENGARUH METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII MTS. MU’ALLIMIN NW PANCOR

Penulis

  • Upairoh Upairoh

Kata Kunci:

Metode cooperative integrated reading and composition (CIRC), kemampuan berfikir kritis siswa.

Abstrak

Kegiatan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang aktif dan masih menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah). Hal ini dapat menurunkan kemampuan berfikir kritis siswa dan menurunkan daya serap atau penguasaan siswa terhadap  materi yang diajarkan. Maka digunakan Metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) yang merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memecahkan kebosanannya dalam memahami pelajaran biologi dan untuk mencapai kemampuan berfikir kritis siswa. Tujuan penenlitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap  kemampuan  berfikir  kritis  siswa  pada  pelajaran  biologi  kelas  viii  mts. mu’allimin Nw pancor tahun pembelajaran 2013/2014 .

Jenis  penelitian  ini  adalah penelitian  eksperimen  dengan  desain  experimental design (pretest-postest control group)  populasi penelitian  ini adalah semua siswa kelas VIII MTs. Mualimin NW Pancor. Penentuan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. teknik pengumpulan data menggunakan tes, berupa soal uraian berjumlah 5 soal. Tehnik analisis data melihat kemampuan berfikir kritis menggunakan uji prasyarat (normalitas, uji homogenitas) dan uji hipotesis yaitu dengan  uji t-test (uji-t)

Hasil  penenlitian  yang  diperoleh   yaitu   nilai  rata-rata   postest   pada   kelas eksperiemn 77,53 dan kelas kontrol 70,92   dan hasil uji normalitasnya adalah kelas eksperimen maupun kontrol berdistribusi normal. Untuk kelas eksperimen nilai X2 hitung (-27,93)  <X2  Tabel  (11,070)  dan  kelas  kontrol  nilai  X2  hitung    (-56,23)  <X2  Tabel (11,070).  Sedangkan  homogenitasnya  menunjukan  bahwa  kedua  kelompok  homogen yang dilihat dari nilai Fhitung (1,5) < Ftable (1,93). Untuk uji hipotesis digunakan rumus uji-t. diperoleh thitung>ttable  (4,166<1,874). Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) berpengaruh terhadap  kemampuan  berfikir  kritis  siswa  pada  pelajaran  biologi  kelas  viii  mts. mu’allimin Nw pancor

Biografi Penulis

Upairoh Upairoh

Kegiatansiswadalamprosespembelajaranmasihkurang aktifdanmasih menggunakan pembelajaran konvensional(ceramah). Hal inidapatmenurunkan kemampuan berfikirkritis siswadanmenurunkan dayaserapatau penguasaan siswa terhadap  materiyangdiajarkan.MakadigunakanMetodecooperativeintegrated reading andcomposition(CIRC)yangmerupakansalahsatumetodepembelajaranyang dapat membantusiswadalammemecahkankebosanannyadalam memahamipelajaranbiologi danuntukmencapaikemampuanberfikirkritissiswa. Tujuanpenenlitianiniadalahuntuk mengetahuipengaruhmetodecooperativeintegrated reading andcomposition (CIRC) terhadap  kemampuan  berfikir  kritis  siswa  pada  pelajaran  biologi  kelas  viii  mts. mu’allimin Nwpancortahun pembelajaran 2013/2014.

Jenis  penelitian  ini  adalahpenelitian  eksperimen  dengan  desain  experimental design (pretest-postest controlgroup)  populasipenelitian  ini adalah semuasiswakelas VIII MTs.MualiminNWPancor.Penentuansampeldalampenelitianiniadalahsimple randomsampling.teknik pengumpulandatamenggunakantes,berupasoaluraian berjumlah5soal.Tehnikanalisisdatamelihatkemampuanberfikirkritismenggunakan ujiprasyarat (normalitas, ujihomogenitas)dan ujihipotesisyaitu dengan  ujit-test(uji-t)

Hasil  penenlitian  yang  diperoleh   yaitu   nilai  rata-rata   postest   pada   kelas eksperiemn77,53dankelaskontrol70,92   danhasilujinormalitasnyaadalahkelas eksperimenmaupunkontrolberdistribusinormal.Untuk kelaseksperimennilaiX2hitung (-27,93)  <X2  Tabel  (11,070)  dan  kelas  kontrol  nilai  X2  hitung    (-56,23)  <X2  Tabel (11,070).  Sedangkan  homogenitasnya  menunjukan  bahwa  kedua  kelompok  homogen yang dilihatdarinilai Fhitung (1,5) <Ftable(1,93).Untuk ujihipotesisdigunakanrumusuji-t. diperoleh thitung>ttable  (4,166<1,874). Maka dapatdisimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajarancooperativeintegratedreading and composition(CIRC)berpengaruh terhadap  kemampuan  berfikir  kritis  siswa  pada  pelajaran  biologi  kelas  viii  mts. mu’allimin Nwpancor

Referensi

Costa, Athur L. (1985). Teacher Behaviors That Enable Student Thinking (in) Costa,A.L (Eds), Developing Mind: A Resource Book for Thinking. Alexandaria virginia: Association for Supervision and curiculum development.

Dimayati, mudjiono. 2006. Belajar dan pembeljaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Fisher, alec (2008).berfikir kritis. jakarta.PT Gelora Aksara Pratama

Husnul khotimah. 2009. Strategi-strategi pembelajaran untuk penelitian tindakan kelas. Malang : Surya Pena Gemilang

Nashar. 2004. Pranan motivasi & kemampuan awal dalam kegiatan pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Oemar hamalik. 2001. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta : Bina Aksara.

Oemar hamalik. 2009. Proses belajar mengajar. Jakarta : Bina Aksara.

Rokhani. 2002. Cooperative integrated reading and composition sebuah alternative meningkatkan reading skill. Jakarta : Depdiknas.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative learning teori, riset dan praktik. Bandung : Nusa Media.

Syaiful bahri djamarah. 2006. Startegi belajar mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sugiono. 2009. Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif R and D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2010. metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. bandung : Bumi Aksara.

Suprijono, agus. 2009. Cooperative learning. Yokyakarta : Pustaka Pelajar.

Tim penyusun .2013. pedoman skripsi STKIP hamzanwadi. Selong : STKIP hamzanwadi.

Trianto. 2010. Mendesain model pembelajaran inovatif progresif. Jakarta : Kencana

Wina, sanjaya. 2006. Strategi pembelajaran berorietasi standar proses pendidikan. Jakarta : Kencan

Diterbitkan

2018-02-19

Terbitan

Bagian

Articles