Pengembangan Cerita Bergambar Berbasis Nilai Sebagai Penunjang Literasi Di Sekolah Dasar

Authors

  • Burhanuddin Burhanuddin Universitas Hamzanwadi
  • Rohini Rohini Universitas Hamzanwadi
  • Hadiatul Rodiyah Universitas Hamzanwadi
  • Tina Tuzzuhro Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v8i1.5698

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita bergambar berbasis nilai karakter sebagai penunjang literasi di Sekolah Dasar dengan jumlah responden keseluruhan 28 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research & Development (R&D)  dengan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli bahasa diketahui bahwa produk buku cerita bergambar berbasis nilai karakter dikategorikan “Sangat Baik”. Kriteria tersebut dapat dilihat dari: ahli media dikategorikan “Sangat Baik” dengan perolehan skor 87 dan skor rata-rata 4,3; ahli bahasa dikategorikan “Sangat Baik” dengan skor 89 dan skor rata-rata 4,4. Berdasarkan penilaian kepraktisan dari guru kelas dikategorikan “Baik” dengan skor 40 dengan rata-rata 4,0. Sedangkan dari hasil respon siswa keseluruhan mendapat skor 2303 dengan skor rata-rata 6,2 dan dikategorikan “Sangat Baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk yang dihasilkan berupa buku cerita bergambar berbasis nilai karakter sebagai penunjang literasi layak untuk digunakan.

References

Amir Hamzah. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Receart & Development). Malang: Literasi Nusantara Abadi.

Annisa Khoiron. (2018). Hakikat, Nilai-Nilai dan Strategi Pembentukan Karakter (Akhlak) dalam Islam. Ta’lim, 1(2), 325-346. https://doi.org/10.30984/jii.v12i1.885

Fitria Akhyar. (2017). Keterampilan Berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Yog

Gunawan& Wibowo.(2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hendra, A., Maryaeni, & Hasanah, M., (2016).Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Sebagai Sumber Bacaan Siswa SD. Malang. Jurnal Pendidikan, 1(5), 989-992. https://doi.org/10.17977/jp.v1i5.6337

Lely Darmayanti. (2016). Penganruh Media Cerita Bergambar Terhadap Kehidupan Sosial Anak Didik Kelompok B TK Desa Ngepeh Saradan Madiun Tahun Ajaran 2014-2015. Jurnal Care. 3(2), 11-23. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/aeticle/download/543/484

Y. Sincara Favoury. (2019). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah Untuk Siswa Tunaghrahita Kelas VIII di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Jurnal Widia Ortodidaktika, 8(7), 651-661. http://journal.student.uny.ac.id./ojs/index.php/article/view/16134yakarta: Textium.

Yektiastuti, R., Ikhsan, J. (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88-99. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Burhanuddin, B., Rohini, R., Rodiyah, H., & Tuzzuhro, T. (2022). Pengembangan Cerita Bergambar Berbasis Nilai Sebagai Penunjang Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 50–59. https://doi.org/10.29408/didika.v8i1.5698

Most read articles by the same author(s)