Menumbuhkan Sikap Spiritual Dan Sosial Melalui Lagu Anak Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Izzatil Waro Universitas Hamzanwadi
  • Muhammad Sururruddin Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v8i2.7380

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana lagu anak dapat menumbuhkan sikap spiritual dan sikap sosial anak dan untuk mengetahui sejauh mana lagu anak dapat menumbuhkan sikap spiritual dan sosial anak dalam proses pembelajran pada masa pandemi saat ini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang gambaran informasinya berupa kata-kata. “penelitian kualitatif (Qualitative research) suatu penelitian yang ditunjukkan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, pristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individu maupun kelompok-kelompok. Melalui penelitian ini diperoleh tiga temuan: 1) Lagu anak bisa menumbuhkan sikap spiritual anak dengan menggunakan lagu anak pada siswa kelas 3 SDN 1 Tanjung dapat kita lihat pada tabel 4.1 bahwa lagu anak berperan penting dalam proses pembelajaran untuk diteparkan pada sikap spiritual anak sehari-hari baik di rumah, sekolah dan lingkungan; 2) Lagu anak bisa menumbuhkan sikap sosial anak dengan menggunakan lagu anak pada siswa kelas 3 SDN 1 Tanjung dapat kita lihat pada tabel 4.2 bahwa lagu anak bisa menumbuhkan sikap social anak dalam sehari-hari baik di rumah, sekolah dan lingkungan; 3) Lagu anak bisa menumbuhkan sikap spiritual dan sikap sosial anak dengan menggunakan lagu anak pada siswa kelas 3 SDN 1 Tanjung dapat kita lihat pada tabel 4.3 bahwa lagu anak berperan

penting untuk menumbuhkan sikap spiritual dan sosial anak dalam lingkungan anak, masyarakat, teman sebaya, terhadap orang tua dan keluarga anak.

References

Ahmad Tafsir. 2013. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung. PT Remaja

Rosdakarya

Devi Aristiyanti. 2013. Pemanfaatan Lagu Anak-Anak Sebagai Media Pendidikan

Karakter Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Desa Linggapura Kecamatan

Tonjong Brebes. Universitas Negeri Semarang

Effendi, T. N. (2013). Budaya Gotong Royong Masyarakat dalam Perubahan Sosial

Saat Ini. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2(1), 1–17.

Elviana, P. S. O. (2017). Pembentukan sikap mandiri dan tanggung jawab melalui penerapan metode sosiodrama dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 134–144.

Farhatilwardah, F., Hastuti, D., & Krisnatuti, D. (2019). Karakter Sopan Santun

Remaja: Pengaruh Metode Sosialisasi Orang Tua dan Kontrol Diri. Jurnal Ilmu

Keluarga & Konsumen, 12(2), 114–125.

Masruroh, S. (2012). Upaya Peningkatan Kedisiplinan Masuk Kegiatan Belajar

Mengajar Melalui Layanan Konseling Individu Pada Siswa Kelas VII H SMP

Negeri 4 Surakarta Semester Satu Tahun 2011/2012. Majalah Ilmiah

Pembelajaran, 1.

Miftahudin, N. I. M. (2018). Penanaman Sikap Spiritual Dan Sosial Peserta Didik Pada Kurikulum 2013 SMA Negeri 2 Kebumen. IAIN Purwokerto.

Muhammad irfan. 2013. Hakikat Sastra Anak. Surakarta: Pelangu Press.

Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D.

ALFABETA Bandung.Sutrisno. 2016. Pendidikan Karakter Melalui Seni.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sutrisno. 2016. Pendidikan Karakter Melalui Seni. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tiara, S. K., & Sari, E. Y. (2019). Analisis Teknik Penilaian Sikap Sosial Siswa dalam Penerapan Kurikulum 2013 di SDN 1 Watulimo. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1), 21–30.

Wiarto, E. D., Suryana, D. A., Sari, I., Mahmud, M., Zahri, M., Hasmawati, R.,

Hutauruk, R., Rona, R., Wajiyem, R., & Rakhmat, J. (2010). Pendidikan Karakter:Kumpulan Pengalaman Inspiratif. Jakarta: Kemendiknas RI.

Wiguna, A. (2017). Upaya mengembangkan sikap spiritual dan sosial peserta didik berbasis psikologi positif di sekolah. AL-ASASIYYA: Journal of Basic Education, 1(2).

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Waro, I., & Sururruddin, M. (2022). Menumbuhkan Sikap Spiritual Dan Sosial Melalui Lagu Anak Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 164–173. https://doi.org/10.29408/didika.v8i2.7380