Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Pengabdian Masyarakat Hamzanwadi (Dimaswadi) menerbitkan artikel yang berfokus pada peningkatan partisipasi kepada masyarakat melalui penerapan model, konsep, IPTEK, berbasis kearifan lokal dalam rangka membantu mensukseskan program pemerintah dari tingkat lokal sampai dengan nasional.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Setiap artikel yang tersubmit akan di seleksi oleh editor kelayakannya untuk selanjutnya di teruskan ke reviewer. Artikel yang sudah melewati tahap review akan diinformasikan kepada penulis untuk menyeselaikan proses berikutnya.

 

Publication Frequency

Jurnal dipublikasikan pada dua periode terbitan Januari-Juni dan Juli-Desember selama periode tersebut setiap artikel dapat diterbitkan segera setelah melewati proses review.

 

Open Access Policy

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik dan untuk mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Ethical Guidelines For Peer Reviewers (Panduan Etik Reviewer)

Reviewer jurnal PKM Dimaswadi mengacu kepada panduan bagi reviewer yang direkomendasikan oleh Committee on Publication Ethics (COPE). Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan menjadi seorang reviewer yaitu:

  1. bertanggung jawab secara profesional 
  2. objektif
  3. ketepatan waktu dalam mereview

Selanjutnya, selama proses review, reviewer harus memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Langkah awal: Login ke akun reviewer yang telah di berikan saat SK reviewer diterbitkan. Naskah asrtikel dapat dibaca langsung melalui akun reviewer. Dilarang hubungi penulis secara langsung tanpa izin jurnal. 
  2. Kerahasiaan: menghormati kerahasiaan proses review dan selama proses review dilarang menggunakan kewenangannya untuk keuntungan diri sendiri atau orang lain, atau merugikan atau mendiskreditkan orang lain. Dilarang melibatkan orang lain dalam review naskah tanpa terlebih dahulu mendapatkan izin dari pengelola jurnal.

  3. Bias dan kepentingan: Reviewer harus berlaku adil, objektif dan tidak boleh rasis. Jika Anda tidak cocok dengan naskah yang ditugaskan oleh editor, wajib menginformasikan ke editor agar naskah tersebut direview oleh reviewer lain yang sesuai dengan bidangnya.

  4. Kecurigaan pelanggaran etika: Jika Anda menemukan ketidakberesan sehubungan dengan penelitian dan etika publikasi, informasikan kepada jurnal. Misalnya, Anda mungkin memiliki kekhawatiran bahwa kesalahan terjadi selama penelitian atau penulisan dan penyerahan naskah, atau Anda mungkin melihat kemiripan substansial antara naskah dan pengiriman bersamaan ke jurnal lain atau artikel yang dipublikasikan atau masalah etika lainnya, hubungi editor secara langsung dilarang untuk menyelidiki sendiri. 

  5. Pengalihan review: Jika Anda sudah mereview suatu artikel di jurnal lain dan artikel tersebut ditolak dan dikirim lagi maka Anda sebaiknya mereview kembali naskah tersebut, mungkin naskah sudah mengalami perbaikan dan Anda sudah mengetahui kekurangan naskah tersebut sebelumnya.

Sebelum meberikan komentar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:

  1. Format: Ikuti petunjuk jurnal dalam memberikan komentar. Jika diperlukan format atau rubrik skor tertentu, gunakan alat yang disediakan oleh jurnal. Anda harus obyektif dan konstruktif dalam memberikan komentar, berikan umpan balik yang akan membantu penulis untuk memperbaiki naskah mereka. Bersikaplah profesional dan tidak bersikap memusuhi atau meradang dan dari membuat komentar pribadi yang mencemarkan atau menghina penulis.
  2. Umpan balik yang tepat: Ingatlah bahwa editor memerlukan penilaian yang adil, jujur, dan tidak bias terhadap kekuatan dan kelemahan naskah. Anda sebaiknya memberikan rekomendasi apakah naskah tersebut diterima / direvisi / ditolak; setiap rekomendasi harus sesuai dengan komentar yang diberikan dalam ulasan. Pastikan komentar dan rekomendasi Anda kepada editor konsisten dengan laporan Anda untuk penulis.
  3. Bahasa dan gaya: gunakan bahasa dan gaya penulisan yang dapat difahami oleh penulis dan editor.
  4. Saran untuk pekerjaan lebih lanjut: JAnda harus memberikan saran jika ada sesuatu hal yang keliru atau tidak ada dalam naskah sehingga penulis akan menambahkan informasi yang Anda maksudkan tersebut.
  5. Akuntabilitas: Jangan membuat komentar negatif yang tidak adil atau termasuk kritik yang tidak dibenarkan. Jangan menyarankan penulis menyertakan kutipan karya Anda (atau rekan kerja) hanya untuk meningkatkan jumlah kutipan atau untuk meningkatkan visibilitas pekerjaan Anda atau rekan Anda; saran harus didasarkan pada alasan akademis yang valid. Jangan sengaja memperpanjang proses review, baik dengan menunda pengiriman review Anda atau dengan meminta informasi tambahan yang tidak perlu dari jurnal atau penulis.

 

Guidance for Editors (Panduan Editor)

Editor pada Jurnal PKM Dimaswadi mengacu kepada panduan bagi editor yang direkomendasikan oleh Committee on Publication Ethics (COPE). Berikut ini beberapa hal yang harus dipertimbangkan oleh editor dalam meninjau suatu naskah yaitu:

  1. Apakah penelitian ilmiah valid dan disajikan dengan jelas; misalnya apakah ukuran sampel memadai? apakah hasil disajikan secara memadai dan dijelaskan secara jelas? apakah peneliti mempertimbangkan mempertimbangkan faktor bias yang mungkin terjadi? apakah studi ini berkontribusi cukup terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan dapat diterima?
  2. Apakah tidak ada pelanggaran etika dalam proses penelitian maupun penulisan naskah?
  3. Apakah naskah memiliki manfaat yang lebih besar daripada kerugiannya?
  4. Jika ada keraguan tentang hukum atau peraturan tertentu, editor harus mengklarifikasi ini dengan penulis dan minta mereka untuk memberikan surat dari komite etika penelitian individu atau etika penelitian di suatu instansi.

Editor juga harus mempertimbangkan apakah naskah yang dikirim penulis sudah memenuhi focus and scope, panduan dan template penulisan artikel pada Jurnal Elemen. Disamping itu, editor juga harus mengecek tingkat similarity suatu naskah dengan menggunakan software plagiarism checker seperti iThenticate, Plagiarism Checker X, atau yang lainnya.

 

Publication Ethics

Kode etik pada Jurnal PKM Dimaswadi mengikuti panduan Peraturan Kepala LIPI Nomor 5 Tahun 2014 tentang Kode Etika Publikasi Ilmiah. Inti dari kode etik ini adalah menjunjung tiga nilai etik dalam publikasi, yaitu (a) Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi; (b) Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang/penulis; dan (b) Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, pabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme (DF2P) dalam publikasi.

Tugas dan Tanggung Jawab Pengelola Jurnal

  1. Menentukan nama jurnal, lingkup keilmuan, keberkalaan, dan akreditasi apabila diperlukan.
  2. Menentukan keanggotaan dewan editor.
  3. Mendefinisikan hubungan antara penerbit, editor, mitra bestari, dan pihak lain dalam suatu kontrak.
  4. Menghargai hal-hal yang bersifat rahasia, baik untuk peneliti yang berkontribusi, penulis, editor, maupun mitra bestari.
  5. Menerapkan norma dan ketentuan mengenai hak atas kekayaan intelektual, khususnya hak cipta.
  6. Melakukan telaah kebijakan jurnal dan menyampaikannya kepada penulis, dewan editor, mitra bestari, dan pembaca.
  7. Membuat panduan kode berperilaku bagi editor dan mitra bestari.
  8. Mempublikasikan jurnal secara teratur.
  9. Menjamin ketersediaan sumber dana untuk keberlanjutan penerbitan jurnal.
  10. Membangun jaringan kerja sama dan pemasaran.
  11. Mempersiapkan perizinan dan aspek legalitas lainnya.

Tugas dan Tanggung Jawab Editor

  1. Mempertemukan kebutuhan pembaca dan penulis.
  2. Mengupayakan peningkatan mutu publikasi secara berkelanjutan.
  3. Menerapkan proses untuk menjamin mutu karya tulis yang dipublikasikan.
  4. Mengedepankan kebebasan berpendapat secara objektif.
  5. Memelihara integritas rekam jejak akademik pengarang.
  6. Menyampaikan koreksi, klarifikasi, penarikan, dan permintaan maaf apabila diperlukan.
  7. Bertanggung jawab terhadap gaya dan format karya tulis, sedangkan isi dan segala pernyataan dalam karya tulis adalah tanggung jawab penulis.
  8. Secara aktif meminta pendapat pengarang, pembaca, mitra bestari, dan anggota dewan editor untuk meningkatkan mutu publikasi.
  9. Mendorong dilakukannya penilaian terhadap jurnal apabila ada temuan.
  10. Mendukung inisiatif untuk mengurangi kesalahan penelitian dan publikasi dengan meminta pengarang melampirkan formulir Klirens Etik yang sudah disetujui oleh Komisi Klirens Etik.
  11. Mendukung inisiatif untuk mendidik peneliti tentang etika publikasi.
  12. Mengkaji efek kebijakan terbitan terhadap sikap penulis dan mitra bestari serta memperbaikinya untuk meningkatkan tanggung jawab dan memperkecil kesalahan.
  13. Memiliki pikiran terbuka terhadap pendapat baru atau pandangan orang lain yang mungkin bertentangan dengan pendapat pribadi.
  14. Tidak mempertahankan pendapat sendiri, pengarang atau pihak ketiga yang dapat mengakibatkan keputusan tidak objektif.
  15. Mendorong penulis, supaya dapat melakukan perbaikan karya tulis hingga layak terbit.

Tugas dan Tanggung Jawab Reviewer

  1. Mendapat tugas dari editor untuk menelaah karya tulis dan menyampaikan hasil penelaahan kepada editor, sebagai bahan penentuan kelayakan suatu karya tulis untuk diterbitkan.
  2. Penelaah tidak boleh melakukan telaah atas karya tulis yang melibatkan dirinya, baik secara langsung maupun tidak. 
  3. Menjaga privasi penulis dengan tidak menyebarluaskan hasil koreksi, saran, dan rekomendasi dengan memberikan kritik, saran, masukan, dan rekomendasi.
  4. Mendorong penulis untuk melakukan perbaikan karya tulis.
  5. Menelaah kembali karya tulis yang telah diperbaiki sesuai dengan standar yang telah ditentukan.
  6. Karya tulis ditelaah secara tepat waktu sesuai gaya selingkung terbitan berdasarkan kaidah ilmiah (metode pengumpulan data, legalitas pengarang, kesimpulan, dan lain-lain).

Tugas dan Tanggung Jawab Penulis

  1. Memastikan bahwa yang masuk dalam daftar penulis memenuhi kriteria sebagai penulis.
  2. Bertanggung jawab secara kolektif untuk pekerjaan dan isi artikel meliputi metode, analisis, perhitungan, dan rinciannya.
  3. Menyatakan asal sumber data (termasuk pendanaan), baik secara langsung maupun tidak langsung.
  4. Menjelaskan keterbatasan-keterbatasan dalam penelitian
  5. Menanggapi komentar yang dibuat oleh para mitra bestari secara profesional dan tepat waktu.
  6. Menginformasikan kepada editor jika akan menarik kembali karya tulisnya.
  7. Membuat pernyataan bahwa karya tulis yang diserahkan untuk diterbitkan adalah asli, belum pernah dipublikasikan di manapun dalam bahasa apapun, dan tidak sedang dalam proses pengajuan ke penerbit lain.

Penulis diharuskan mengisi, menandatangani (bermaterai), dan mengirimkan Surat Pernyataan Klirens Etik sebagai lampiran file pada saat penyerahan naskah (submit artikel langkah ke-4). Download Surat Pernyataan Klirens Etik di SINI.

 

KODE ETIK & KEBIJAKAN PLAGIARISME

 Kode Etik Penulisan Artikel

  1. Penulis bertanggung jawab terhadap keseluruhan isi dari artikel yang meliputi metode, analisis, perhitungan dan rincian.
  2. Penulis segera merespon komentar yang dibuat oleh peer review secara profesional dan tepat waktu.
  3. Penulis harus menginformasikan editor jika mereka menarik kembali makalah mereka.
  4. Penulis menggambarkan keterbatasan dalam penelitian ini.
  5. Penulis menghormati penerbit jika tulisan yang dikirimkan, karena satu dan lain hal, tidak jadi diterbitkan.
  6. Penulis menginformasikan editor makalah yang merupakan bagian dari penelitian yang bertahap, multidisiplin dan perspektif yang berbeda.
  7. Penulis membuat pernyataan bahwa makalah yang dikirim untuk publikasi adalah asli, belum pernah dipublikasikan dimana saja dalam bahasa apapun, dan tidak dalam proses pengajuan ke penerbit lain.
  8. Jika ada kesalahan dalam makalah, penulis harus segera memberitahukan editor atau penerbit.
  9. Penggunaan bahan dari publikasi lainnya yang dilindungi hak cipta, harus diberi izin tertulis dan rasa syukur.
  10. Penulis mengacu kepada pekerjaan orang lain yang sesuai dikutipan dan kutipan yang digunakan dalam makalah.
  11. Saat menyampaikan penemuan-penemuan baru atau meningkatkan penemuan, penulis harus menyebutkan pekerjaan sebelumnya, peneliti/penulis/pendiri.
  12. Penulis tidak diperbolehkan untuk memberikan bibliografi dari publikasi jika mereka tidak membaca publikasi.
  13. Jika diminta, penulis menyiapkan bukti bahwa penelitian telah memenuhi persyaratan etika penelitian termasuk catatan lapangan.
  14. Penulis merespon jika ada komentar atau umpan balik setelah makalah diterbitkan.

Kebijakan Plagiarisme

Yang termasuk ke dalam plagiat sebagai berikut:

  1. Merujuk dan/atau mengutip istilah, kata-kata dan/atau kalimat, data atau informasi dari sumber tanpa mengutip sumber dalam catatan kutipan dan/atau tanpa menyatakan sumber secara memadai.
  2. Merujuk atau mengutip istilah acak, kata-kata atau kalimat dan informasi dari sumber tanpa mengutip sumber dalam catatan kutipan atau tanpa menyatakan sumber secara memadai.
  3. Menggunakan ide, pendapat, pandangan atau teori tanpa menyatakan sumber secara memadai.
  4. Merumuskan kata-kata atau kalimat sendiri dari sumber kata-kata atau frase, ide, pendapat, pandangan, atau teori tanpa menyatakan sumber secara memadai.
  5. Menyerahkan karya ilmiah yang dihasilkan atau diterbitkan oleh orang lain sebagai sumber karya ilmiah tanpa mengungkapkan secara memadai.

Pengecekan Plagiarisme

Editor melakukan pengecekan plagiarisme sebanyak 2 kali yaitu:

  1. Proses submission: Artikel dicek menggunakan Plagiarism Checker X setelah penulis mengirim artikelnya dan sebelum artikel direview oleh reviewer.
  2. Sebelum terbit: Artikel dicek kembali menggunakan iThenticate setelah artikel dinyatakan layak untuk diterbitkan dan dilakukan sebelum artikel dipublikasikan.

Sanksi

Jika penulis terbukti melakukan duplikasi, pabrikasi, falsifikasi, plagiarisme, atau menerbitkan satu naskah di dua atau lebih jurnal berbeda maka penulis diberikan sanksi berupa pencabutan artikel dan pembatalan publikasi.

 

Licence Creative Commons (Inzin Penggunaan Umum)

Jurnal PKM Dimaswadi memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang sehingga dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya.