PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Authors

  • Muhammad Fahrurozi Universitas Hamzanwadi
  • Muhammad Juaini Universitas Hamzanwadi
  • Siti Kudesiah Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v11i2.1312

Keywords:

learning type make a match, learning activity, the result of study

Abstract

This research was aimed to know the effect of using learning type Make A Match toward activity and the result of study economy sub material the difference of micro economy and macro economy and the problems faced by the government in field of economy on tenth grade students of MA Mu’allimat NW Kelayu in the school year 2015/2016. Sample of the study was taken by using simple random sampling. Grade xa as experimental group and grade xb as control group. Design of the research was using tru experimental design. Technique of collecting data was using observation sheet and result of study test. The prosentage of student’s activity by using learning type make a match around 4.26 classified into very active.Data analysed to use uji-t. result of hypothesis indicate that t [count/calculate] > t tables of that is ( 8.868 > 1.734) meaning ho refused and [is] ha accepted, so that can be concluded that there is influence of usage of model study of Make A Match to result and activity learn items sub material the difference micro economy and macro economy and the problems faced by the government in field of economy on tenth grade students of MA Mu’allimat NW Kelayu in the school year 2015/2016.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Make A Match terhadap aktivitas dan hasil belajar ekonomi sub materi perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro serta masalah-masalah yang dihadapi pemerintah dalam bidang ekonomi pada siswa kelas X MA Mu’allimat NW Kelayu tahun pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di MA Mu’allimat NW Kelayu tahun pembelajaran 2015/2016. Sampel peneitian ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Kelas Xa sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas Xb sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian  yang digunakan  adalah nonequivalent control group design. Tehnik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Presentase aktivitas siswa  dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match sebesar 4.26 tergolong sangat aktif. Data dianalisis menggunakan uji-t. hasil hipotesis menunjukkan  bahwa t hitung > t tabel yaitu (8.868 > 1.734) yang berarti ho ditolak dan ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Make A Match terhadap aktivitas dan hasil belajar ekonomi sub materi perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro serta masalah-masalah yang dihadapi pemerintah dalam bidang ekonomi pada siswa kelas X MA Mu’allimat NW Kelayu tahun pembelajaran 2015/2016.

Author Biographies

Muhammad Fahrurozi, Universitas Hamzanwadi

Lecture. Researcher

Muhammad Juaini, Universitas Hamzanwadi

Lecture. Researcher

Siti Kudesiah, Universitas Hamzanwadi

Reseacher

References

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar offset.

Happy, D.Y.M. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMAN 14 Semarang. Dalam economic education analysis journal dasar II, (II):1-15.

Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurdin Dunggio. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XTHP-1 SMK Negeri 1 Limbotoâ€. III(3):1-12.

Purwanto. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar offset.

Sari. (2008). Dalam enelitan yang berjudul Penerapan Model Make A Match untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Diklat Ekonomi di SMK PGRI 06 Malang.IV(II):1-10

Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Zawwil, M. (2011). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Model STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VIII MTs. NW Perian Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi tidak dipublikasikan, STKIP Hamzanwadi Selong.

Downloads

Published

2019-05-09

Issue

Section

Artikel