IMPELEMENTASI KONSEP MAKSIM DALAM MENILAI KEJUJURAN KOMUNIKASI ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA

Authors

  • Zainul Muttaqin Universitas Hamzanwadi
  • Herman Wijaya Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v11i2.1315

Keywords:

Implentasi, Maksim, Nilai Kejujuran, Komunikasi,

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah (a) untuk mengetahui maksim apa saja yang dilanggar oleh mahasiswa dan dosen STKIP hamzanwadi selong dalam berkomunikasi, (b) menjelaskan implementasi konsep Maksim dalam menilai kejujuran komunikasi Dosen dan Mahasiswa di STKIP Hamzanwadi Selong.

Lokasi penelitian dilakukan di kampus STKIP Hamzanwadi Selong dengan sampel penelitian adalah 30 mahasiswa dan 3 dosen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini statistik deskriptif dalam bentuk distribusi frekuensi. Data nilai kejujuran (awal dan akhir) dianalisis menggunakan T-Test tipe Paired Samples Test, sedangkan data nilai kejujuran menggunakan T-Tes tiap Independent Samples Test.

Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa maksim yang sering dilanggar oleh Dosen dan Mahasiswa PGSD pada tahap verbal yaitu maksim kualitas dan cara dari empat maksim yang ditawarkan Grice. Berdasarkan uji Normalitas tingkat kejujuran komunikasi Mahasiswa PGSD dengan rerate 0,56 berkatagori “cukup jujur†pada kelas A,B da C pada interval skors 0,30-0,70.  Berdasarkan sebaran angket kejujuran dosen MKU BI yang mengajar di PGSD ditemukan tingkat kejujuran yang berbeda-beda yaitu dosen SD 66,67 % dengan indeks interval skor 0,67 yang berkatagori “cukup jujurâ€, kemudian dosen HY 80% dengan indeks intervalskor 0,80 yang berkatagori “jujurâ€, dan dose NE 73.33% dengan indeks interval skor 0,73 yang berkatagori “jujur†dengan rerate ketiga dosen yaitu 73.33. Implementasi konsep maksim nilai kejujuran komunikasi antara dosen dan mahasiswa PGSD pada pembelajaran MKU BI sudah memenuhi prinsip kerjasama maksim dengan tingkat kejujuran yang cukup baik.

Author Biographies

Zainul Muttaqin, Universitas Hamzanwadi

Researcher. lecture

Herman Wijaya, Universitas Hamzanwadi

lecture. researcher.

References

Agustian, Ary Ginandjar. 2008. “Pembentukan Habit Menerapkan Nilai-nilai Religius, Sosial dan Akademikâ€. Proceeding Seminar dan Lokakarya Nasional Restrukturisasi Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung : PT. Al Maarif, 1981)

Doni, Koesoema A, 2007. Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta:PT. Grasindo.

Grice, H. Paul. 1991. “Logic and Conversation,†Paragmatics: A Reader, Davis S.(ed.). New York: Oxford University Press.

Wijana, I Dewa Putu. 1996. Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi.

Rahardi, Kunjana. 2005. Sosiolinguistik (Kode dan Alih Kode) Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2019-05-09

Issue

Section

Artikel