Membangun Karakter Sejak Anak Usia Dini Melalui Peenanaman Nilai-nilai Agama

Authors

  • Nadifa Qathrunnada Zahra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Kuswanto kuswanto kuswanto Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v16i1.3479

Keywords:

Pendidikan anak usia dini, karakter, nilai agama

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pentingnya pendidikan karakter sejak anak usia dini dan bagaimana mewujudkan karakter yang berkualitas  jika strategi pengembangannya melalui penanaman nilai-nilai agama. Kajian penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data diperoleh dari observasi, rekaman, dan kajian pustaka melalui teori-teori dari berbagai sumber yang relevan. Berdasarkan penelitian maka diperoleh hasil bahwa sudah seharusnya membangun karakter yang berkualitas itu dilakukan sejak anak usia dini. Mengingat masa usia dini merupakan masa golden age sehingga apabila stimulasi sejak masa ini baik, akan berpengaruh baik juga pada pola tingkah laku dewasanya kelak. Seseorang yang taat terhadap agama ia akan memiliki kepribadian yang baik. Karena setiap agama mempunyai perintah, larangan, atau aturan yang mesti ditaati setiap penganutnya. Dengan beragama manusia hidupnya menjadi terarah. Sehingga dapat membentuk kepribadian/karakter yang berkualitas. Anak merupakan  peniru yang ulung, oleh karena itu stimulus terbaik yang dilakukan dalam membangun karakter melalui pendidikan agama adalah melalui keteladanan dan pembiaasaan terutama di lingkungan keluarga oleh orang tua dan lingkungan sekolah oleh guru.

References

Lalompoh, C.T. dan Lalompoh, K.E. (2017). Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Keagamaan Bagi Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo.

Nana, P. (2011). Membangun Karakter Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Mertayasa, I.W. dan Sudarsana, I.W. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Bali: Jayapangus Press.

Kuswandi, Yudi. dan Himyaturrohmah Emma. (2018). Pembudayaan Nilai-Nilai Islami Dalam Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Diklat Keagamaan. 12. (34). 267-275. URL:

Suyanto. S. (2012). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. I. (1). 1-10. URL:

Maryatun. I.B. (2016). Peran Pendidik PAUD Dalam Mebangun Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak. 5. (1). 747-752.

Khoironi. M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi. 01. (2). 82-89.

Ananda. R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1. 19-31.

Mansur. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Setiawati. F. A. (2006). Pendidikan Moral dan Nilai-nilai Agama Pada Anak Usia Dini: Bukan Sekedar Rutinitas. Jurnal Paradigma. 2. 41-48.

Balsom, M. (1993). Menjadi Orang Tua Yang Lebih Baik. Jakarta: Yayasan Kalam Hidup.

Sabi’ati. A. (2016). Mebangun Karakter AUD dalam Pengebangan Nilai Agama dan Moral di RA Masyithoh Pabelan Kab. Semarang. Jurnal Pendidikan Anak. 2. (1). 1-14.

Hyoscyamina. D. E. (2011). Peran Keluarga Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Psikologi Undip. 10. (2). 144-152.

Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Trimuliana. I. Dhieni. N. Hapidin.(2019). Perilaku Religious Anak Usia 5-6 Tahun pada PAUD Model Karakter. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 3. (2). 571-577.

Published

2021-07-12