Analisis Kesiapan Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh Ditinjau Dari Penguasaan Teknologi Informasi

Authors

  • Baiq Desi Dwi Arianti Universitas Hamzanwadi http://orcid.org/0000-0001-8349-7371
  • Heri Kuswanto Universitas Hamzanwadi
  • Muhammad Djamaluddin
  • Muliani Aslehatun Universitas Hamzanwadi
  • Maman Asrobi Universitas Hamzanwadi
  • Baiq Mahyatun Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.6927

Keywords:

Kesiapan Guru, Pembelajaran Jarak Jauh, Teknologi Informasi

Abstract

Pandemi Covid-19 mengakibatkan pola pembelajaran di Indonesia mengalami perubahan yang mengakibatkan penerapan model pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pelaksanaan PJJ tentu saja tidaklah mudah, terlebih lagi perubahan pola pembelajaran ini begitu cepat. Tanpa persiapan yang baik, PJJ akan sulit dilakukan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru dalam penerapan PJJ di senyiur dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah guru di senyiur yang berjumlah 43 orang, dengan sampel sebanyak 39 guru (20 orang tersertifikasi, 19 orang non-sertifikasi). Pengambilan data dilakukan melalui pengisian instrumen dan wawancara, sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif persentase yang hasil akhirnya akan diinterpretasikan ke dalam lima kategori kesiapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 39 guru terdapat 12 orang yang sangat siap menghadapi PJJ dengan rata-rata persentase kesiapan sebesar 85,33%, 21 orang guru siap dengan persentase sebesar 72,57%, dan cukup siap sebanyak 6 orang dengan persentase sebesar 57%. Dari 20 guru yang telah tersertifikasi, terdapat 12 orang sangat siap menghadapi PJJ, dan 8 orang termasuk siap. Sedangkan untuk 19 guru yang non-sertifikasi didapatkan hasil 13 orang siap, dan 6 orang cukup siap. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa guru yang telah tersertifikasi cenderung lebih siap menghadapi PJJ dari pada guru yang tidak tersertifikasi.

Author Biography

Baiq Desi Dwi Arianti, Universitas Hamzanwadi

References

Adrian, Y., & Agustina, R. L. (2019). Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4. Lentera: Jurnal Pendidikan, 14(2), 175-181.

Arianti, B. D. D. (2019). The Implementation of Project Based Learningon Database Practicum Class to Improve The Students' Motivation and Achievement in The Informatics Education Program of Hamzanwadi University.

Azzahra, N. F. (2020). Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Center for Indonesia Policy Studies

Kholisho, Y. N., Arianti, B. D. D., Jamaluddin, J., Wirasasmita, R. H., Ismatulloh, K., Uska, M. Z., & Fathoni, A. (2021). Pelatihan pembuatan dan editing video bagi guru SD untuk menghadapi Era Industri 4.0. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 119-127.

Lestari, S. W. (2020). Kendala pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (pjj) dalam masa pandemi ditinjau dari media pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3).

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi virus corona covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30-36.

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 94-101.

Sabaniah, S., Ramdhan, D. F., & Rohmah, S. K. (2021). Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid-19. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 43-54.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Utomo, S. S. (2019). Guru Di Era Revolusi Industri 4.0. Format Pendidikan Untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa, 1(1), 70-83.

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 15, 22.

Published

2023-02-09