Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus

Authors

  • Setia Budi Universitas Negeri Padang
  • Iga Setia Utami Universitas Neger Padang
  • Gaby Arnez Universitas Negeri Padang
  • Mona Yulita Universitas Negeri Padang
  • Wulandari Saputri Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.9158

Abstract

Kurikulum adalah suatu perencanaan dan pengaturan mengenai tujuan, isi, materi pembelajaran dan metode pembelajaran. Hal ini digunakan oleh pihak sekolah dalam melaksanakan  proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan dan agar berjalan lebih efektif dan efesien, serta ditujukan untuk mengembangkan individu masing-masing peserta didik. Pada pengembangan kurikulum 2013 untuk anak berkebutuhan khusus disesuaikan dengan kondisi dan jenis hambatannya. Namun yang kita ketahui bahwa anak berkebutuhan khusus memiliki hambatan menurut (Budi et al., 2021)Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki karakteristik yang berbeda dari anak-anak lain pada umumnya. Pada penelitian banyak disebutkan bahwa kurikulum 2013 menuntut peserta didik untuk inovatif, kreatif, inisiatif agar potensi yang dimiliki dapat berkembang. Studi ini dilakukan mengumpulkan informasi yang cukup mengenai implementasi kurikulum 2013 bagi peserta didik berkebutuhan khusus dengan metode yang digunakan pada studi ini adalah melalui studi literatur yang mengumpulkan beberapa penelitian mengenai implementasi kurikulum 2013 bagi peserta didik berkebutuhan khusus.

Kata Kunci : Kurikulum, Anak Berkebutuhan Khusus, Kurikulum 2013

References

Amani, R., Luthfi, A., Maulidazani, F., Qomari, V. A., Umur, A., Mahdi, A., Taufan, J., Budi, S., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., Padang, U. N., & Padang, U. N. (2023). Inovasi media pembelajaran tahfidz untuk anak berkebutuhan menggunakan pop up book mauro. 02, 33–43.

Budi, S., Nurhastuti, N., & Utami, iga setia. (2019). PENGARUH PEMANFAATAN JURNAL TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH ANATOMI FISIOLOGI GENETIKA DAN NEUROLOGIMAHASISWA SEMESTER 1 JURUSAN PLB FIP UNIVERSITAS NEGERI PADANG. 3(3), 43–46.

Budi, S., Nurhastuti, N., Wulandari, nurul lathifa, & Jannah, rehan nil. (2021). KESIAPAN MAHASISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PEMBELAJARAN DARING DI ERA NEW NORMAL. 67–71.

Dahlan, Achmad, 2016. “Implementasi Kurikulum 2013 PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus di SMPLB Bhakti Kencana Yogyakarta”, Tesis, Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Diharja, Prawira. “Implementasi kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI Siswa di SMAN 05 Lampung”, Skripsi, IAIN Raden Intan Lampung.

Iswari, M., Zulmiyetri, Z., Budi, S., Nurhastuti, N., & Kasiyati, K. (2022). Pelatihan pembuatan sabun cuci piring untuk pengembangan wirausaha bagi mahasiswa. 3(1), 14–17.

Mayasari, M. (2016). Implementasi kurikulum 2013 pada anak berkebutuhan khusus (ABK) di SD Muhammadiyah spen Yogyakarta. Inklusi.

Muchtar, A. D. (2018). Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum 2013, Anak Berkebutuhan Khusus . ##. Jurnal Edumaspul, 2(1), 70–78.

Rosyidatul, H., & Muyasaroh, B. Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran PAI Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Muhammadiyah Sidayu Gresik.

Ukhti, A., Utami, I. S., Zulmiyetri, & Budi, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Melalui Metode Fernald Pada Anak Disleksia. Edumaspul : Jurnal Pendidikan, 6(1), 750–754.

Utami, I., Budi, S., & Nurhastuti, N. (2020). A Need Analysis of Blended Learning Model for Deaf Students in Higher Education. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 4(2), 112–119. https://doi.org/10.29408/edumatic.v4i2.2469

Published

2023-02-16