Analisis Kesesuaian Teknologi pada UNBK SMA/SMK di Jawa Timur

Authors

  • Nur Afifah Fauziyyah Universitas Negeri Surabaya
  • Rahadian Bisma Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.29408/jit.v2i2.1499

Keywords:

UNBK, TTF, Self Efficacy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian teknologi pada pelaksanaan UNBK di SMA/SMK di Jawa Timur serta untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Model teori yang digunakan adalah gabungan dari model teori kesesuaian teknologi terhadap tugas (Task Technology Fit) dan model teori sosial kognitif (Social Cognitive Theory) pada variabel Self-Efficacy. Tahapan dalam penelitian ini yaitu (1) Pendefinisian Objek Penelitian (2) Studi Literatur (3) Perumusan Masalah (4) Penentuan variabel (5) Pembuatan model konseptual (6) Pembuatan kuesioner (7) Validasi (8) Pengumpulan data (9) Analisis data dan (10) Kesimpulan dan Saran. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis SEM (Structural Equation Modelling) dengan bantuan tool smartPLS versi 3. Responden dari penelitian ini adalah siswa kelas tiga SMA/SMK di Jawa Timur yaitu sebanyak 453 siswa. Hasil dari penelitian dapat diketahui bahwa faktor karakteristik tugas, karakteristik teknologi, karakteristik individu dan kepercayaan diri mempengaruhi kesesuaian teknologi terhadap tugas. Terdapat 8 hipotesis yang berpengaruh positif dan signifikan.

DOI : 10.29408/jit.v2i2.1499

References

Bandura, A. 1982. Self-efficacy mechanism in human agency. American Psychologist 37 (2), pp. 122-147.

Bandura. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company.

Goodhue, D., & Thompsom, R. (1995). Task Technology Fit and Individual Performance. MIS Quaterly, 213.

H. Yamin, Sofyan Kurniawan, Generasi Baru Mengolah Data Penelitian Dengan Partial Least Square Path Modeling Aplikasi Dengan Software XLSTAT, SmartPLS, Dan Visual PLS, Seri 4. Jakarta-Bandung: Salemba Empat, 2011.

Lin, Tung-Ching & Huang, Chien-Chih. 2008. Understanding knowledge management system usage antecedents: An integration of social cognitive theory and task technology fit. Information & Management 45 (2008) 410-417.

Uska, Muhammad Zamroni. 2017. ANALISIS PENERIMAAN DIGITAL LIBRARY MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DI UNIVERSITAS HAMZANWADI. EDUMATIC : Jurnal Pendidikan Informatika, Volume 1, Nomor 1, Juni 2017 (e-ISSN 2549-7472).

Risnanosanti. 2016. SELF EFFICACY MAHASISWA TERHADAP MATEMATIKA DAN PEMBELAJARAN BERBASIS KEGIATAN LESSON STUDY. Jurnal Elemen, Vol. 2 No. 2, Juli 2016, hal. 127 – 135.

Downloads

Published

29-07-2019

How to Cite

Fauziyyah, N. A., & Bisma, R. (2019). Analisis Kesesuaian Teknologi pada UNBK SMA/SMK di Jawa Timur. Infotek: Jurnal Informatika Dan Teknologi, 2(2), 143–155. https://doi.org/10.29408/jit.v2i2.1499