Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Elemen mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian atau kajian teoritis (invited authors) dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Penulis bisa berasal dari mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, maupun pemerhati pendidikan matematika. Cakupan materi terdiri dari (1) kurikulum pendidikan matematika, (2) metode pembelajaran matematika, (3) media pembelajaran matematika, (4) teknologi, informasi, dan komunikasi pembelajaran matematika, (5) penilaian dan evaluasi pembelajaran matematika, (6) kreativitas dan inovasi pembelajaran matematika, (7) Lesson Study, dan lain-lain yang terkait dengan peningkatan kualitas pendidikan matematika.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Setiap naskah yang masuk terlebih dahulu diperiksa oleh dewan penyunting sesuai dengan bidang penelitian dan memperhatikan kesesuaian format dan penulisan artikel pada Jurnal Elemen. Setiap naskah yang dinyatakan layak oleh penyunting akan dikembalikan kepada penulis (jika masih ada perbaikan) atau langsung dikirimkan kepada reviewer. Setiap naskah akan diperiksa oleh maksimal dua reviewer selama 4 minggu dengan kriteria penilaian naskah sebagaimana tersebut pada Form Penilaian Artikel untuk reviewer.

 

Publication Frequency

Jurnal Elemen mempublikasikan artikel secara kolektif pada bulan Januari dan Juli pada setiap tahun.

 

Open Access Policy

Jurnal Elemen memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Elemen dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya.

Jurnal Elemen juga tidak memungut biaya dalam pengajuan, proses review, dan publiaksi artikel.

 

Archiving

Jurnal Elemen menggunakan sistem LOCKSS untuk membuat sistem pengarsipaan terdistribusi diantara perpustakaan yang berpartisipasi dan mengizinkan perpustakaan tersebut membuat arsip permanen jurnal untuk tujuan pelestarian dan restorasi.

 

Free-Processing, Access, and Download Policy

Jurnal Elemen memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Elemen dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya.

Jurnal Elemen juga tidak memungut biaya dalam pengajuan, proses review, dan publikasi artikel.