Pelaksanaan Joyfull Learning Berbasis Permainan Tradisional Sasak Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Baiq Shofa Ilhami Universitas Hamzanwadi
  • Mulianah Khaironi Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i02.1023

Keywords:

joyfull learning, motorik kasar, permainan tradisional sasak,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi awal pembelajaran pengembangan kemampuan motorik kasar anak di daerah sentral budaya Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur., merancang langkah-langkah joyfull learning melalui penerapan permainan tradisional Sasak dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak di daerah sentral budaya Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan subjek penelitian anak-anak usia 5-6 tahun pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Kecamatan Sakra Barat, diantaranya: TK Negeri Pembina Sakra Barat, PAUD Pade Angen Tenges-Enges, dan PAUD Islahul Ummah. Adapun peubah yang diamati/diukur dalam penelitian ini adalah perkembangan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun melalui penerapan langkah-langkah joyfull learning berbasis permainan tradisional Sasak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik dokumentasi. Adapaun analisis data yang digunakan berdasarkan tahapan penelitian ini, yaitu analisisis deskriptif kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik kasar anak dengan skor x 53 pada kategori sedang sebelum menerapkan joyfull learning dan 63 pada kategori tinggi setelah menerapkan  joyfull learning berbasis permainan tradisional sasak.

Author Biographies

Baiq Shofa Ilhami, Universitas Hamzanwadi

Early CHildhood departement in hamzanwadi university

Mulianah Khaironi, Universitas Hamzanwadi

Early Childhood Education

References

Alawiyah, Ratu Tuti. (2014). Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Banten.Jurnal Pendidikan Usia Dini Volume 8 Edisi 1, April 2014 Hal. 175-184.

Andriani, Tuti. (2012). Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Sosial Budaya Vol. 9 No. 1 Januari-Juli 2012 Hal 121-136

Brata,.Ida Bagus Putu Hery Suryadi. (2010). Landasan Konseptual Perencanaan dan Perancangan Gedung Pertunjukan Kesenian Tradisional Di Senggigi Lombok Barat.Tugas Akhir Sarjana Strata Pada Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Atma Jaya Yogyakarta 2010.

Cahyani, Ni Luh Ayu., dkk.(2014). Model Pembelajaran Quantum Melalui Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Kelompok B TK Kumara Jaya Denpasar.E-JournalPG-PAUD Universitas Pendidikan GaneshaJurusan Pendidikan Anak Usia Dini(Volume 2 No 1 Tahun 2014).

Mardayani, Komang Trisna., dkk. (2016). Penerapan Permainan Tradisional Engklek UntukMeningkatkan Kemampuan Motorik KasarKelompok B di Paud Widhya Laksmi.E-journalPendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Volume 4. No. 2 Tahun 2016).

Novianti, Ni Gst Ayu Kadek Fitri., dkk. (2015). Penerapan Metode Demonstrasi Melalui PermainanTradisional Engklek Untuk MeningkatkanPerkembangan Motorik Kasar AnakKelompok B2 Semester II TK Widya Santhi.E-journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Volume 3 No 1 Tahun 2015).

Permatasari, Aprilia Intan., dkk. (2014). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Joyful Learning Dengan Metode Pemberian Tugas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Koloid Siswa Kelas XI IPA SMA NEGERI 1 Simo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 3 No. 1 Tahun 2014 Hal.117-122.

Sugiono & Kuntjojo. (2016). Pengembangan Model Permainan Pra-Calistung Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini Volume 10 Edisi 2, November 2016 Hal. 255-276.

Downloads

Published

2018-12-31