Podcast Sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial

Authors

  • Dewi Mayangsari UNiversitas Trunojoyo
  • Dinda Rizki Tiara Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1720

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas media pembelajaran podcast ececast berbasis teknologi informasi audio. Peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian yaitu mahasiswa PGPAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura yang berjumlah 84 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas media pembelajaran podcast yang didapatkan dari angket minat belajar dan hasil pre-post nilai mata kuliah diantaranya bahwa minat masuk kategori cukup yaitu dari 45,04 menjadi 44,80, sedangkan nilai mata kuliah mengalami peningkatan dari 59,4 dengan kategori sedang menjadi 68,60 termasuk kategori baik. Media podcast dianggap efektif untuk meningkatkan hasil belajar.

Author Biographies

Dewi Mayangsari, UNiversitas Trunojoyo

Pendidikan Guru Pendidikan ANak Usia Dini

Dinda Rizki Tiara, Universitas Trunojoyo Madura

PG PAUD

References

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Badan Pusat Statistik. (2018). Profil Generasi Milenial Indonesia. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Bolliger, Supawan & Christine. (2010). Impact of Podcasting on Student Motivation in The Online Learning Environment. Computers Education. 55: 714 – 722.

Copley, Jonathan. (2007). Audio and video podcast of lectures for campus-based student: production and evaluation of student use. Innovation in Education and Teaching International, 44 (4): 387 - 399

Fahyuni, Eni Fariyatul. (2017). Buku Ajar Teknologi, Informasi dan Komunikasi Prinsip dan Aplikasi dalam Studi Pemikiran Islam. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Fatmalia, A. DAMPAK ERA MILENIAL TERHADAP PERILAKU ANAK USIA DINI. In Seminar Nasional dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas (pp. 180-185).

Hurlock, Elizabeth H. (1999). Perkembangan Anak Jilid 2 Edisi Keenam. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mack & Mitch. (2007). Podcasting Bible. Canada: Wiley Publishing, Inc.

Ramansyah, Wanda. (2018). Model-Model Pengembangan Media Pembelajaran. Bangkalan: UTM Press.

Rosell-Aguilar, Fernando. (2015). Podcasting as A Language Teaching and Learning Tool. Case Studies in Good Practice,10, (3): 31 – 39.

Sadiman dkk. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Samad, Ahmad & Diana. (2017). The Use Of Podcast In Improving Students’ Speaking Skill. Journal of English Language and Education. 3, (2): 97 – 111.

Vogt, dkk. (2009). The Impact of Podcasting on the Learning and Satisfaction of Undergraduate Nursing Student. Nurse Education in Practice, 10, 38 – 42

Warsihna, J. (2016). Meningkatkan Literasi Membaca dan Menulis dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 67-80.

Wibiarani, S. (2018, December). Penggunaan Busy Book dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Anak Usia Dini di Era Milenial. In SENDIKA: Seminar Pendidikan (Vol. 2, No. 1, pp. 11-14).

Published

2019-12-31