Pelaksanaan model Experiental Learning di PAUD sekoolahalam minangkabau
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan model Experiental Learning di Pendidikan Anak Usia Dini sekolahalam minangkabau. Penelitian yang dilakukan menggunkan metode deskriptif kualitatif. Informannyaadalah kepala sekolah, fasilitator, dan orang tua. Yang digunakan dalam teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data pengumpulan data, reduksi, penyajian dan menarik kesimpulan. Untuk teknik pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model Experiental Learning terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada perencanaan guru membuat daily plan, weekly plan, yearly plan, dan mempersiapkan lingkungan belajar. Pada tahap pelaksanaan ada kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dalam pelaksanaan ini guru menggunakan berbagai aktivitas yang menyenangkan seperti adanya kegiatan observsi, fieldtrip, outing, gardening, outbound, dan percobaan sederhana. Sedangkan pada tahap ketiga guru melaksanakan evaluasi dalam proses kegiatan Experiental Learning. Pelaksanaan model Experiental Learning di PAUD sekolahalam sudah berjalan dengan baik mulai dari fasilitator melakukan persiapan sampai evaluasi kegiatan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Astuti,Yani Kusuma.2016. Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiental Leaning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis dan Aktivitas Mahasiswa. Ejournal Unwir Vol VII.No.3. Tersedia pada http://ejournal.unwir.ac.id/ diakses pada 12 Januari 2019 Risnawati,S. 2013. Gaya belajar kajian teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Dewi, A. R. T. (2018). Pengaruh Keterlibatan Orangtua Terhadap Perilaku Sosial Emosinal Anak. Jurnal Golden Age, 2(02), 66-74.
Ghufron,M.Nur & Risnawati,S.2013. Gaya belajar kajian teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hadziq, A. (2016). Pembelajaran Agama Dan Lingkungan Dalam Kultur Sekolah Alam: Potensi Membumikan Kesadaran Lingkungan Sejak Dini Di Sekolah. Jurnal Tatsqif, 14(1), 1-32.
Hewi, L. (2019). Pengasuhan Anak Usia Dini Di Suku Laut Kabupaten Wakatobi. Jurnal Golden Age, 3(02), 73-83.
Hidayati, I., & Prihatin, T. (2016). Pengelolaan Kurikulum Sekolah Alam di TK Alam Al Biruni Cirebon. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 4(1), 32-39.
Khotijah, I. (2018). Peningkatan kemandirian anak melalui pembelajaran practical life. Jurnal Golden Age, 2(02), 127-140.
Latipah, Eva.2017. Pengaruh Stategi Experiental Learning Terhadap Self Regulated Learning Mahasiswa. Humanitas ( Indonesia Psycologial Journal ). Vol.14,No.1. Tersedia pada http://journal.uad.ac.id/index.php/HUMANITAS/article/View/4547 diakses pada 12 Januari 2019
Mutiari, D., & Fardani, K. J. (2020). Model Sekolah Alam Di Surakarta. Sinektika: Jurnal Arsitektur, 15(2), 49-56.
Nurvitasari, S., Azizah, L. Z., & Sunarno, S. (2018). Konsep dan Praktik Pendidikan Inklusi di Sekolah Alam Ramadhani Kediri. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 15-22.
Raga, G, dkk.2014. Model Experiental Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA Kelas V Kecamatan Sukasada. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD.Vol.2, No,1 Tahun 2014
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran MengembangkanProfesionalisme Guru (Cetakan Ke-V). Depok: Raja Grafindo.
Sadia,dkk. 2014. Pengaruh Model Experiental Learning terhadap Keterampilan Berfikir Kritis dan Motivasi Berprestasi Siswa. Tersedia pada pascaundiksa.ac.id/e-journal/index:php/jurnal IPA/artice/view/1302, diakses 11 Januari 2019
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Silberman,Mel.2014.Hand book experiental learning strategi pembelajaran dari dunia nyata. Bandung: Nusa Mdia
Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indek.
DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2141
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Silvia Yetra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats