Implementasi Model Sentra Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Di TK IT Al-Hasna

Authors

  • Nur Hasanah Institut Agama Islam Negeri Kudus

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2224

Keywords:

Sentra bermain peran, Anak kelompok B

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan sentra bermain peran pada anak kelompok B di TK IT Al-Hasna Klaten. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sentra bermain peran dan kepala sekolah di TK IT AL-Hasna Klaten. Tahapan analisis yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa pelaksanaan sentra bermain peran sudah baik, guru sudah melakukan perencanaan sebelum sentra beramain peran dibuka. Guru dalam sentra bermain peran melakukan 4 pijakan yaitu, pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan selama main, dan pijakan setelah main. Adapun kendala yang dihadapi oleh guru adalah kurangnya pengetahuan guru sehingga guru kesulitan saat membuat kegiatan dan kurangnya sarana prasarana yang berkaitan dengan bermain peran. Upaya untuk mengatasi kendala adalah dengan memberikan pelatihan dan workshop terhadap guru sentra main peran untuk mengatasi kesulitan yang dialami oleh guru.

Author Biography

Nur Hasanah, Institut Agama Islam Negeri Kudus

SintaID

References

Aida, N. (2015). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi Indonesia Vol. 4, No. 01

Alif, A., & Wulantika, W. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Sentra Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia Prasekolah. In Jurnal Seminar Nasional Pendidikan. Hlm (Pp. 31-33).

Andresen, H. (2005). Role Play And Language Development In The Preschool Years. Culture & Psychology. Vol. 11(4): 387–414

Amalia, T. Z. (N.D.). Mengajar Bagi Guru Raudlatul Usia Dini Di Desa Ngembalrejo. 28(2).

Astuti, S. K. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Permulaan DI Kelompok A Taman Kanak-Kanak Aba Pendowo. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 3, 194–204

Febriana, E. (2018). Implementasi Sentra Bermain Peran Untuk Menanamkan Nilai Moral Anak. Golden Age. Vol3 (2).

Hamzah. (2009). Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Jafar, F. S., & Satriana, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Sentra Dalam Pengembangan Kecerdasan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi TALENTA, 4(1), 51-59.

Martuti A. (2010). Mendirikan Dan Mengelola Paud Manajemen Administrasi Dan Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Kreasi Wacana

Mead, H. (1934). Mind, Self And Society: From The Standpoint Of A Social Behaviorist. Chicago, IL: University Of Chicago Press

Mottweiler, Taylor, C. M., Marjorie. (2014) Elaborated Role Play And Creativity In Preschool Age Children. Psychology Of Aesthetics, Creativity, And The Arts, Vol 8(3).

Munastiwi, E. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta. GOLDEN AGE: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), 35-50.

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan Dalam Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 446. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V4i1.372

Noorlaila, I. (2010). Panduan Lengkap Mengajar PAUD. Yogyakarta: Pinus Book

Rahayu, Y. M. (2016). Pengaruh Perubahan Kurikulum 2013 Terhadap Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Logika, XVIII(3), 33–35.

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Kegiatan Storytelling Dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V3i1.108

Utami, N. R., & Sakti, S. A. (2019). Model Pembelajaran Pitutur Luhur Berbasis Multirepresentasi Sebagai Pembentuk Kecerdasan Emosional Anak Usia 5–6 Tahun (Studi Analisis Kebutuhan Pada Guru Taman Kanak-Kanak Di Kabupaten Bantul Yogyakarta). Jurnal Golden Age, 3(02), 84-94.

Widyatmoko, A. (2011). Draf Juklak Model Pembelajaran Sentra Main Peran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Yogyakarta : SKB Kab. Sleman

Yusuf, F. (2015). Pedoman Pengelolaan Kelas Pendidikan Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Din

Published

2020-06-30