Penerapan Permainan Tradisional Bakiak Ular Tangga Untuk Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak

Authors

  • zuhud Ramdani universitas hamzanwadi
  • Rohyana Fitriani Universitas Hamzanwadi
  • Rabihatun Adawiyah Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i01.2860

Keywords:

bakiak ular tangga, sosial emosional anak usia dini

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan permainan tradisional bakiak untuk menstimulasi perkembangan sosial emosional anak kelompok B TK Hamzanwadi Pancor tahun ajaran 2019/2020. Subyek penelitian anak didik yang berjumlah 15 orang anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 1 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis statistika kuantitatif. Persentase rata-rata perkembangan social emoasiona anak sebelum tindakan sebesar 66,6%pada kategori “Berkembang Sesuai Harapan (BSH)â€. Sedangkan pada siklus I diperoleh angka tertinggi sebesar 100%untuk kategori “Berkembang Sangat Baik (BSB)â€. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perkembangan social emosional anak dapat meningkat melalui permainan bakiak ular tangga pada kelompok B TK Hamzanwadi Pancor tahun ajaran 2019/2020.

 

References

Dea, L. F., & Latipah, E. (2017). Pengembangan Kemampuan Kognitif dan Sosial-Emosional Melalui Penerapan Media Balok dan Bermain Peran Pada Siswa TK Kuntum Mekar, Lampung. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 185. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2017.32-06

Edwards, S., Mantilla, A., Grieshaber, S., Nuttall, J., & Wood, E. (2020). Converged play characteristics for early childhood education: multi-modal, global-local, and traditional-digital. Oxford Review of Education, 46(5), 637-660.

Gehris, J. S., Gooze, R. A., & Whitaker, R. C. (2015). Teachers’ perceptions about children’s movement and learning in early childhood education programmes. Child: Care, Health and Development, 41(1), 122–131. https://doi.org/10.1111/cch.12136

Halle, T. G., & Darling-Churchill, K. E. (2016). Review of measures of social and emotional development. Journal of Applied Developmental Psychology, 45, 8–18. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2016.02.003

Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717–733. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368

Horunisa, P. S. (2020). Media Permainan Sunda Manda Robot Bercahaya Untuk Kemampuan Keseimbangan Anak. Jurnal Golden Age, 4(01), 1-11.

Ilhami, B. S., & Khaironi, M. (2018). Pelaksanaan Joyfull Learning Berbasis Permainan Tradisional Sasak Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age, 2(02), 59-65.

Kurniati, E. (2016). Permainan tradisional dan perannya dalam mengembangkan keterampilan sosial anak. Kencana.

Nikolopoulou, K., & Gialamas, V. (2015). ICT and play in preschool: Early childhood teachers’ beliefs and confidence. International Journal of Early Years Education, 23(4), 409-425.

Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2018). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues, 7th edition.

Palupi, W., Hafidah, R., & Karsono, K. (2019). Song and Movement As Media of Early Childhood Language Development. Early Childhood Education and Development Journal, 1(1), 12. https://doi.org/10.20961/ecedj.v1i1.33020

Pramudyani, A. V. R., Kurniawan, M. R., Rasyid, H., & Sujarwo. (2017). Kurikulum Holistik Integratif Berbasis Permainan Tradisional Pada PAUD Di Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 86–96.

Rini, R., & Fatmawati, N. (n.d.). Permainan Tradisional Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak di PAUD Cahaya Kartini Bandar Lampung. 1.

Suhirman, S. (2017). Cerita Tradisional Sasak Lombok Sebagai Sarana Transmisi Budaya Untuk Membentuk Karakter Anak Sejak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(01), 48. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.481

Sulistyaningtyas, R. E., & Fauziah, P. Y. (2019, June). The Implementation of Traditional Games for Early Childhood Education. In 3rd International Conference on Current Issues in Education (ICCIE 2018). Atlantis Press.

Suryani, N. A. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Raba-Raba Pada PAUD Kelompok A. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 141–150. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.141-150

Yudiwinata, H. P., & Handoyo, P. (2014). Permainan Tradisional dalam Budaya dan Perkembangan Anak. Paradigma, 02, 1–5.

Downloads

Published

2021-06-30