Kemampuan Menulis Anak Hiperaktif "Studi Kasus Di TK Cemara Islami Plus"

Authors

  • Dorlince Simatupang Universitas Negeri Medan
  • Isnaini Fadillah Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i01.3377

Keywords:

Kemampuan menulis, Anak Hiperaktif

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menulis pada anak hiperaktif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, studi dokumentasi. Hasil penelitian kemampuan menulis responden A, anak sudah memasuki tahapan awal kemampuan menulis dimana anak sudah mampu membuat tanda-tanda atau goresan menggunakan alat tulis. Tahap pengulangan secara linier dimana anak sudah mampu menirukan atau menjiplak huruf, angka maupun bentuk. Kemampuan menulis responden B, tahap mencoret, anak sudah mampu membuat tanda-tanda dengan menggunakan alat tulisnya seperti membuat coretan-coretan seperti garis lurus, lingkaran, huruf dan angka. Tahap pengulangan secara linier, tahap ini anak sudah dapat menelusuri atau menjiplak bentuk tulisan. Guru sebagai responden 1 dan 2 mengenai cara guru melatih kemampuan menulis anak hiperaktif. Guru melatih kemampuan menulis anak dengan cara memberikan garis putus-purus dan memberikan cotoh cara menuliskan huruf dan angka, guru selalu menemani dan memberikan motivasi agar anak mau melakukan kegiatan menulis.

Author Biography

Dorlince Simatupang, Universitas Negeri Medan

Fakultas Ilmu Pendidikan

References

Aisy, Adinda Rohadati. (2019). Pengembangan Kemampuan Menulis Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Primagama. Jurnal Pendidikan Anak, 141-148.

Chairunnisa, Ahmad Ari Masyhuri. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Metode Meniru Tulisan. El-Muhbib, 72-81.

Hariyani, Farida. . (2016). Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Pada Anak Usia Dini Kelompok B Dengan Menggunakan Media Gambar. Jurnal Usia Dini, 9-12.

Hikmawati, Iffa Dwi, Dkk . (2014). Efektivitas Terapi Menulis Untuk Menurunkan Hiperaktivitas Dan Impulsivitas Pada Anak Dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (Adhd) . Jurnal Fakultas Psikologi. Empathy, 9-12.

Habibi, M., Fip Unp, P., & Padang, K. (2018). Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan Menggunakan Model Vark Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 72–80. Http://E-Journal.Unp.Ac.Id/Index.Php/Jippsd72

Ika, M., & Riana, D. L. (2016). Hubungan Minat Baca Dan Kebiasaan Membaca Karya Sastra Terhadap Kemampuan Menulis Puisi. Jurnal Semantik STKIP Siliwangi, 5(2), 15–31. Https://Doi.Org/10.22460/Semantik.5.2

Lestariningrum, Anik. (2017). Implementasi Pendidikan Inklusif Untuk Anak Usia Dini Di Kota Kediri (Studi Pada Paud Inklusif Ybpk Semampir, Kecamatan Kota, Kediri). Jurnal CARE (Children Advisory Research And Education).

Maharani, P. A., Wahono, M. S., Aristiana, P. R., & Sos, S. (2017). Peran Guru Sebagai Pendamping Pada Anak Hiperaktif Usia 3-4 Tahun Di Taman Kanak-Kanak (Tk) Rahayu Surabaya Tahun Ajaran 2016-2017 (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surabaya).

Maharani, P. A., & Rahayu, A. P. (2018). Peran Guru Sebagai Pendamping Pada Anak Hiperaktif Usia 3-4 Tahun Di TK Rahayu. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 4-50.

Megasari, Putri. (2014). Kemunculan Tahap Menulis Alfabet Pada Gambar Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI, 1-9.

Prasasti, S., & Wahyuni, H. (2018). Peran Orang Tua Dalam Penanganan Anak Hiperaktif. Jurnal Ilmiah Konseling, 18(2).Retnowati, Y. (2019). Metode Pembelajaran Hafalan Surat-Surat Pendek Pada Anak Usia Dini RA Full Day Se-Kabupaten Bantul. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 101-116.

Rahman, F., & Hidayat, R. (2019). Tindak Ujaran Pada Anak Hiperaktif Usia Dua Tahun. Deiksis, 11(01), 51-58.

Sulemba, D. S., Kaunang, T. M., & Dundu, A. E. (2016). Deteksi Dini Dan Interaksi Anak Gangguan Pemusatan Perhatian Hiperaktivitas Dengan Orang Tua Dan Saudara Kandung Pada 20 Sekolah Dasar Kota Manado. E-Clinic, 4(2).

Simatupang, Dorlince, Eka Putri Surya Ningrum. (2020). Studi Tentang Perilaku Hiperaktif Dan Upaya Penanganan Anak Di TK Pembina Tebing Tinggi. PEDAGOGI: Jurnalanakusiadinidanpendidikananakusiadini, 31-39.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ummah, L. (2020). Studi Kepustakaan Art Therapy Terhadap Perilaku Hiperaktif Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 15(1).

Downloads

Published

2021-06-30