PENERAPAN PENDEKATAN STEAM DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI

Authors

  • Aas Hasanah STKIP Sebelas April Sumedang
  • Ajeng Sri Hikmayani STKIP SEBELAS APRIL
  • Nani Nurjanah STKIP SEBELAS APRIL

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.3561

Keywords:

Kreativitas anak, pendekatan STEAM

Abstract

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya stimulasi pembelajaran kreativitas anak di Kober Harapan Bunda sehingga hasil karya anak tunjukkan kurang bervariasi. Untuk meningkatkan kreativitas anak, guru perlu merancang suatu strategi, metode, teknik dan media yang efektif untuk meningkatkan kreativitas anak. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah penggunaan pendekatan STEAM. Secara umum rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah pendekatan STEAM dapat meningkatkan kreativitas anak kelompok B di Kober Harapan Bunda? dan bagaimanakah aktifitas belajar melalui pendekatan STEAM dalam meningkatkan kreativitas anak di Kober Harapan Bunda?. Tujuan penelitian unuk meningkatkan kreativitas anak dan aktifitas belajar anak dalam melalui pendekatan STEAM. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian  sebanyak 12 orang anak. Data penelitian  dikumpulkan melalui observasi dan penugasan.  Setelah dilaksanakana tindakan, kreativitas anak pada siklus I mencapai 33,3% dan siklus II mencapai. 66,7%.  Aktifitas belajar siklus I mencapai 33,3%, siklus II mencapai 75%.

 

Kata kunci: kreativitas anak, pendekatan STEAM.

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya stimulasi pembelajaran kreativitas anak di Kober Harapan Bunda sehingga hasil karya anak kurang bervariasi. Untuk meningkatkan kreativitas anak, guru perlu merancang strategi, metode, teknik dan media yang efektif untuk meningkatkan kreativitas anak. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah penggunaan pendekatan STEAM. Secara umum rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Mampukah pendekatan STEAM meningkatkan kreativitas anak kelompok B di Kober Harapan Bunda? dan bagaimana kegiatan pembelajaran melalui pendekatan STEAM dalam meningkatkan kreativitas anak di Kober Harapan Bunda?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kreativitas anak dan aktivitas belajar anak melalui pendekatan STEAM. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan 12 anak sebagai subjek penelitian. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan penugasan. Setelah pelaksanaan tindakan, kreativitas anak pada siklus I mencapai 33,3% dan siklus II tercapai. 66,7%. Aktivitas belajar pada siklus I mencapai 33,3%, siklus II mencapai 75%.

 

Kata kunci: kreativitas anak, pendekatan STEAM.

References

Anisa, dkk. (2019). Peningkatan kemampuan berikir Kritis Siswa dengan Menggunakan Model project Based Learning Berbasis STEAM Pada Materi Asam basa di SMAN 11 Kota Jambi. Tesis Universitas Jambi: Tidak di terbitkan.

Khoiriyah (2018). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Steam Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Gelombang Bunyi. Skripsi Universitas Lampung: tidak diterbitkan

Iskandar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung persada (GP) ress.

Nurjanah, dkk. (2020). Efek Metode STEAM Pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini [Online], Vol 4, No 1, Diakses Pada Tanggal [5 April 2020]

Sit, Maganti., dkk. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Medan: Perdana publishing.

Susanto A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta:Kencana Pernanda Media Group

Wijayaningsih, dkk, (2019). Efek Metode Steam Pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal obsesi: juran pendidikan anak usia dini [online], vol 4, di akses 2 Mei 2020.

Maxwell, L. E., dkk. (2008). Effects of Play Equipment and Loose Parts on Preschool Children’s Outdoor Play Behavior: An Observational Study and Design Intervention. Children, Youth and Environments. https://doi.org/10.7721/chilyoutenvi.18.2.0036

Nugraheni, A. D. (2019, September). Penguatan Pendidikan Bagi Generasi Alfa Melalui Pembelajaran Steam Berbasis Loose Parts Pada Paud. In Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran 2019 (pp. 512-518).

Syafi’i, I., & Dianah, N. D. (2021). Pemanfaatan Loose Parts Dalam Pembelajaran Steam Pada Anak Usia Dini. AULADA: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 3(1), 105-114.

Lestari, A. A., Mulyana, E. H., & Muiz, D. A. (2020). Analisis Unsur Engineering Pada Pengembangan Pembelajaran STEAM Untuk Anak Usia Dini. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 1(4), 211-225.

Mewar, S., Eva, N., & Farida, I. A. (2021, September). Kesiapan Guru PAUD dalam Menerapkan Pembelajaran STEAM Berbasis Proyek di PAUD Al Ghoniya. In Seminar Nasional Psikologi UM (Vol. 1, No. 1, pp. 15-22).

Imamah, Z., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan kreativitas dan berpikir kritis pada anak usia dini melalui motode pembelajaran berbasis STEAM and loose part. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 263-278.

Published

2021-12-22