Kesiapan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring Pada Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Tahun 2021

Authors

  • Melana Putri Anandita Fakultas Ilmu Pendidikan - UNESA
  • Eka Cahya Maulidiyah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i01.3574

Keywords:

pembelajaran daring, motorik kasar anak

Abstract

Tersebarnya virus corona di Indonesia telah berdampak pada berbagai bidang, salah satunya dalam bidang pendidikan yang diharuskan untuk melaksanakan pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran daring terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Pamardi Putra Tembelang Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas B yang berada di TK Pamardi Putra. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu meliputi tahapan : reduksi data , penyajian data dan verifikasi data. Uji keabsahan penelitian ini meliputi credibility, transferability, dependability, confirmability. Pengujian kredibilitas menggunakan triangulasi atau pengecekan data meliputi berbagai sumber, berbagai teknik dan berbagai waktu. Hasil penelitian menunjukkan proses penerapan pembelajaran daring pada kemampuan motorik kasar anak meliputi tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan yang dilakukan guru yaitu dengan membuat perangkat pembelajaran daring meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Pembelajaran Harian (RPPH). Pelaksanaan yang dilakukan guru yaitu melakukan kegiatan pembiasaan seperti bernyanyi sambil menggerakkan tubuh, melakukan kebersihan diri dan melakukan kegiatan motorik kasar setiap hari sabtu dengan menggunakan media chat grub whatsaap yang diikuti orang tua dan video call grub whatsapp yang diikuti oleh anak. Evaluasi yang dilkukan oleh guru yaitu dengan melakukan penilaian terhadap aktivitas melalui catatan dan hasil belajar anak yang dikirimkan oleh orang tua. Keseluruhan proses pembelajaran daring pada kemampuan motorik kasar anak yang dilakukan melalui beberapa tahap dapat menghasilkan pembelajaran daring yang efektif pada kemampuan motorik kasar anak.

Author Biography

Melana Putri Anandita, Fakultas Ilmu Pendidikan - UNESA

Mahasiswa

References

Afrizal. (2016). Metode Penelitian Kualitatif : sebuah upaya mendukung penggunaan penelitian kualitatif dalam berbagai disiplin ilmu. Jakarta : PT RadjaGrafindo Persada

Anaelka, A. H. 2018. “Education 4.0 Made Simple: Ideas For Teaching.†International Journal of Education and Literacy Studies 6(3): 92.

Arifiyanti, N., Rifka Fitriana, Novi Kurnia Sari, and Sitti Uriyah. 2019. “Motorik Kasar Anak Usia Dini.†STAINU Purworejo: Jurnal Al_Athfal 2(2): 36–44.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414.

Farida, A. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar pada Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 4(2), 1–10.

Febrianta, Y. (2016). Alternatif Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Dengan Aktivitas Akuatik (Berenang). Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 85–95.

Gender, P. S., Lp, A., Syekh, I., & Cirebon, N. (2019). Equalita, Vol. 1 Issue 1, Agustus 2019 Avaliable online at http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/equalita/article/view/5161 Diterbitkan oleh Pusat Studi Gender dan Anak LP2M IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia. 1(1).

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013

Hidayanti, Maria. 2013. “Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Bakiak.†Pendiidkan Anak Usia Dini 7(1): 195–200.

Hussin Aziz, A. (2018). Education 4.0 Made Simple: Ideas For Teaching. International Journal of Education and Literacy Studies, 6(3), 92.

Hutami, M. S., & Nugraheni, A. S. (2020). Metode Pembelajaran Melalui Whatsapp Group Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada PAUD di TK ABA Kleco Kotagede. Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 126–130.

McKenna, B., & Strauser, B. (2010). Top Ten Tips for Student Teaching in Kindergarten. SRATE Journal, 19(2), 60–63.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067

Orgaz, F., Moral, S., & Domínguez, C. (2018). Student’s Attitude and Perception with the Use of Technology in the University. Journal of Educational Psychology - Propositos y Representaciones, 6(2), 277–299.

Sobron, A. ., Bayu, Rani, & S, M. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar Abstrak. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(1), 1.

Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniawati, L., & Karsa, D. (2020). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 508.

Sujarwo, & Widi, C. P. (2015). Kemampuan Motorik Kasar dan Halus Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11(2), 96–100.

Sulistyaningtyas, Reza Edwin, and Puji Yanti Fauziah. 2019. “Pengembangan Buku Panduan Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun.†JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) 6(1): 50–58.

Wardani.E, 2017. (2017). UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN TARI KREASI DI TK NEGERI PEMBINA ATU LINTANG KEC. ATU LINTANG KAB. ACEH TENGAH TA. 2016/2017. Skripsi, 6, 9–15.

Wirda, O., Yeni, I., & Rakimahwati. (2020). Pelaksanaan pembelajaran motorik kasar di paud sekolahalam minangkabau padang. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6, 27–35.

Published

2022-01-01