Strategi Guru Pendidikan Anak Usia Dalam Menanamkan Akhlak Mulia Pada Anak Usia 4-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Harapan Bangsa

Authors

  • Elsa Magrib Universitas Negeri Padang
  • Saridewi Saridewi

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.3651

Keywords:

Akhlak Mulia, Anak, Guru, dan Strategi

Abstract

Kurangnya kepedulian guru dan orang tua dalam menanamkan akhlak mulia pada anak baik disekolah maupun dirumah, kurangnya kepedulian dalam pembentukan karakter (menanamkan akhlak mulia) menjadikan alasan penulis untuk meneliti mengenai kegiatan menanamkan akhlak mulia pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru pendidikan anak usia dini dalam menanamkan akhlak mulia pada anak usia 4-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Harapan Bangsa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana menanamkan akhlak mulia pada anak Taman Kanak-Kanak Harapan Bangsa? Teknik keabsahan data menggunakan teknik triagulasi sumber dengan informan 2 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa strategi yang diterapkan guru adalah dengan kegiatan jum’at berlian dimana kegiatan tersebut meliputi: bersih lingkungan, bersikap sabar (mengantri), bercerita dan bermain peran,  berbagi makanan, dan kegiatan lainnya. Dengan menggunakan metode pembiasaan dan metode keteladanan

References

Ayu, S. M., & Junaidah, J. (2018). Pengembangan Akhlak Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 8(2), 210-221.

Bahri, S. (2020). Urgensi Strategi Pembelajaran Karakter Pada Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 75-85.

Bahri, S. (2020). Urgensi Strategi Pembelajaran Karakter Pada Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 75-85.

Fahmi, F., Syabrina, M., Sulistyowati, S., & Saudah, S. (2020). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi Di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 931-940.

Fitroh, S. F., & Sari, E. D. N. (2015). Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(2), 95-105.

Inawati, A. (2017). Strategi Pengembangan Moral Dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 51-64.

Juwita, D. R. (2018). Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Di Era Milenial. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 7(2), 282-314.

Kh, E. F. F., & Mukhlis, G. N. (2017). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Menurut QS Lukman: 13–19. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3a).

Kh, E. F. F., & Mukhlis, G. N. (2017). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Menurut QS Lukman: 13–19. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3a).

Kuswanto, C. W., Nabela, U., Uminar, A. N., & Muslih, A. (2021). Kiat-Kiat Mengembangkan Perilaku Baik (Akhlakul Karimah) Pada Anak Usia Dini. ASGHAR: Journal Of Children Studies, 1(1), 30-39.

Kuswanto, C. W., Nabela, U., Uminar, A. N., & Muslih, A. (2021). Kiat-Kiat Mengembangkan Perilaku Baik (Akhlakul Karimah) Pada Anak Usia Dini. ASGHAR: Journal Of Children Studies, 1(1), 30-39.

Nurkhasyanah, A., & Sri, A. (2021). Strategi Pembelajaran Paud Berbasis Kearifan Lokal Pada Era New Normal Di TK Omah Dolanan Ywka Yogyakarta. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 38-46.

Ramadhan, S. (2017). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini. Utile: Jurnal Kependidikan, 3(2), 180-189.

Zahro, I. F., Atika, A. R., & Westhisi, S. M. (2019). Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121-130.

Downloads

Published

2021-12-22