METODE PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI MASA PANDEMI COVID19

Authors

  • Ayunda S Ifadah Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.3653

Keywords:

Metode, Pengembangan Bahasa, Anak Usia Dini

Abstract

Kelompok Bermain (KB) merupakan Pendidikan non formal dari Pendidikan anak usia dini. Jenjang Pendidikan di KB melayani mulai usia 2 (dua) sampai dengan 4 (empat) tahun. Pada tanggal 15 juni 2020 turun Surat Keputusan/SK bersama dari kemendikbud, kemenag, kemenkes, dan kemendagri, dimana isi dari SK tersebut berisikan tentang perpanjangan kegiatan belajar mengajar secara dalam jaringan/online diperpanjang. Tentu bukan hal yang mudah dalam menentukan metode yang digunakan dalam mengembangkan Bahasa, karena yang biasanya secara tatap muka pendidik dapat berinteraksi pada kegiatan pembelajaran di KB. Hal ini menjadi kendala tersendiri bagi pendidik KB, kegiatan pengembangan Bahasa harus tetap berjalan dengan maksimal.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dalam mengembangkan Bahasa anak di KBM NU 108 Nurul Ulum. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitiannya adalah pendidik KB di KBM NU 108 Nurul Ulum dengan rentang usia 3-4 tahun di desa Betoyoguci Manyar Gresik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, langkah - langkah yang dilakukan meliputi data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification.

References

Aqib, Z. (2009). Belajar Dan Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak. Yrama Widya.

Dhieni, N. (2005). Metode Pengembangan Bahasa. J. In Metode pengembangan bahasa. Universitas Terbuka.

Drs. Syaiful Bahri Djamarah, & Zain, D. A. (2006). Stategi Belajar Mengajar. Rineke Cipta.

Faturohman, N. (2020). Inovasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fkip, 3(1), 615–627.

Kemendikbud. (2018). Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarkat.

Kemendikbud, Kemenag, Kemenkes, & Mendagri. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 Dan Tahun Akademik 2020/2021 Di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). In Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 Dan Tahun Akademik 2020/2021 Di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) (P. 41). Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri.

Moeslichatoen. (2004). metode pengajaran di taman kanak-kanak. PT Asdi.

Nurjanah, A. P., & Anggraini, G. (2020). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1–7.

Pasanea, M. R. H., Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2015). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Melalui Metode Tanya Jawab Berbantuan Media Flip Chart Pada Anak Kelompok B1 Tk Ikal Widya Kumara. PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–11.

Permendikbud. (2014). Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini No.146 Tahun 2014. Permendikbud.

Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645

PUSPITASARI, L. (2019). Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Pengenalan Aksara Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Dharmawanita 1 Batangsaren Kauman …. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/13091

sangadah, khotimatus. (2020). No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’中心ã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle. Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9.

Seefeldt, C., & Wasik, B. A. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga Empat Dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Indeks.

Sriwahyuni, E., Asvio, N., & Nofialdi, N. (2017). Metode Pembelajaran Yang Digunakan Paud (Pendidikan Anak Usia Dini) Permata Bunda. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 4(1), 44. https://doi.org/10.21043/thufula.v4i1.2010

Susanto, A. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Prenada Media Group.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Published

2021-12-29