ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TERHADAP PERKEMBANGAN SAINS ANAK DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh strategi pembelajaran active learning terhadap perkembangan sains anak dipendidikan anak usia dini. strategi pembelajaran active learning mendorong peserta didik untuk aktif, bersemangat dan penuh gairah dimana pembelajarannya berbasis student-centered. penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menelaah sumber-sumber yang relevan dengan penelitian yang diteliti. Setelah mendapatkan sumber-sumber yang relevan dengan penelitian di lanjutkan dengan analisis data. Analisis data dilakukan dengan menghubungkan permasalahan antara konsep dan teori yang relevan. Hasil temuan peneliti menunjukkan bahwa strategi pembelajaran active learning mendukung pelaksanaan pembelajaran sains karenaberupa kegiatan atau proses aktif menggunakan pikiran dan sikap ilmiah dalam mempelajari gejala alam. Pembelajaran sains mengharuskan anak aktif dalam proses menemukan sendiri pemahaman dan pengetahuannya. Pembelajaran sains menjadikan anak peduli akan lingkungan sekitarnya, anak aktif dan kritis dalam berpikir sehingga memberikan anak keterampilan yang bermanfaat dan bisa mengembangkan aspek kognitif, motorik, nilai agama dan moral,serta sosial emosional anak.Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ