ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TERHADAP PERKEMBANGAN SAINS ANAK DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh strategi pembelajaran active learning terhadap perkembangan sains anak dipendidikan anak usia dini. strategi pembelajaran active learning mendorong peserta didik untuk aktif, bersemangat dan penuh gairah dimana pembelajarannya berbasis student-centered. penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menelaah sumber-sumber yang relevan dengan penelitian yang diteliti. Setelah mendapatkan sumber-sumber yang relevan dengan penelitian di lanjutkan dengan analisis data. Analisis data dilakukan dengan menghubungkan permasalahan antara konsep dan teori yang relevan. Hasil temuan peneliti menunjukkan bahwa strategi pembelajaran active learning mendukung pelaksanaan pembelajaran sains karenaberupa kegiatan atau proses aktif menggunakan pikiran dan sikap ilmiah dalam mempelajari gejala alam. Pembelajaran sains mengharuskan anak aktif dalam proses menemukan sendiri pemahaman dan pengetahuannya. Pembelajaran sains menjadikan anak peduli akan lingkungan sekitarnya, anak aktif dan kritis dalam berpikir sehingga memberikan anak keterampilan yang bermanfaat dan bisa mengembangkan aspek kognitif, motorik, nilai agama dan moral,serta sosial emosional anak.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i01.3769
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 yuli hafizah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats