Pengembangan Instrumen Kemampuan Motorik Halus

Authors

  • Maulidia Fitri Khoirunnisa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Amelia Vinayastri PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.3780

Keywords:

Anak Usia Dini, Instrumen Penilaian, Ketrampilan motorik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen kemampuannmotorik halus anak usia 5-6 tahun. Penelitianiini mengunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Borg & Gall. Populasi penelitian ini yaitu anak TK B dan sampel di ambil dengan teknik insidental sampling. Total sampel yang digunakan 255 anak dari 11 Sekolah. Teknik pengambilan data mengunakan wawancara dan angket. Teknik analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data statistik deskriptif. Instrumen ini di uji validitas dan reliabilitasnya oleh 5 pakar pendidikan dan praktis pendidikan, uji terbatas dan uji meluas. Hasil penelitian pada tahap uji meluas yaitu rata-rata validitas 94% dan reliabilitas 0,884 yang di katagorikan sangat tinggi. Peneliti menyimpulkan bahwa instrumen ini dapat di gunakan untuk mengukur kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun.

References

Carey, E., Dooley, N., Gillan, D., Healy, C., Coughlan, H., Clarke, M., Kelleher, I., & Cannon, M. (2019). Fine motor skill and processing speed deficits in young people with psychotic experiences: A longitudinal study. Schizophrenia Research, 204(xxxx), 127–132. https://doi.org/10.1016/j.schres.2018.08.014

Carlson, A. G., & Curby, T. (2013). Disentangling Fine Motor Skills ’ Relations to Academic Achievement : The Relative Contributions of Visual-Spatial Integration and Visual-Motor Coordination. September. https://doi.org/10.1080/00221325.2012.717122

Darwati, Wijayanti, A., & Azizah, E. N. (2019). Peningkatan Kemampuan Motorik Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Kegiatan Fun Cooking. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.3551669

Dinehart, L. (2015). Handwriting In Early Childhood Education Current Research And Future Implications. January. https://doi.org/10.1177/1468798414522825

Dourou, E., Komessariou, A., Riga, V., & Lavidas, K. (2017). Assessment of gross and fine motor skills in preschool children using the Peabody Developmental Motor Scales Instrument. European Psychomotricity Journal, 9(1), 89–113.

Fikri, M. R., Milama, B., & Yunita, L. (2019). Kampung Setu Babakan Dki Jakarta. Jurnal Tadris Kimiya, 2(Desember), 136–146.

Gaul, D., & Issartel, J. (2016). Human Movement Science Fine motor skill proficiency in typically developing children : On or off the maturation track ? Human Movement Science, 46, 78–85. https://doi.org/10.1016/j.humov.2015.12.011

Gerber, R. J., Wilks, T., & Erdie-Lalena, C. (2010). Developmental milestones: Motor development. Pediatrics in Review, 31(7), 267–277. https://doi.org/10.1542/pir.31-7-267

Hermawan, D. A., & Rachman, H. A. (2018). Pengaruh pendekatan latihan dan koordinasi mata tangan terhadap ketepatan shooting peserta ekstrakurikuler basket. Jurnal Keolahragaan, 6(2), 100–109. https://doi.org/10.21831/jk.v0i0.20349

Isbadar Nursit. (2016). Pengembangan multimedia Interaktif Berbasis Power Point ( Macro-Enablend) pada Matakuliah Geometri Euclid dalam Pembelajaran Matematika. 4(1), 41–49.

Janah, D. N. (2018). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak kelompok A Melalui Kegiatan Bermain Papercraft. 16(1), 62–71.

Livana, Armitasari, D., & Susanti, Y. (2018). Pengaruh Stimulasi Motorik Halus Terhadap Tahap Perkembangan Psikososial Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 4(1), 30. https://doi.org/10.17509/jpki.v4i1.12340

Mustafa, P. S., & Sugiharto. (2020). Keterampilan Motorik Pada Pendidikan Jasmani Meningkatkan Pembelajaran Gerak Seumur Hidup. Tjyybjb.Ac.Cn, 3(2252), 58–66.

Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human Development Data - Human Development Reports. Beth Mejia. http://hdr.undp.org/en/data

Pura, D. N., & Asnawati. (2019). Perkembangan motorik halus anak usia dini melalui kolase media serutan pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140.

Purnama, A., Yus, A., & Wau, Y. (2020). The Profile of Fine Motor Development Achievement in Children of Island ( 5-6 Years Old ) in Teulaga Tujuh Langsa Village. 127–132.

Rakimahwati, R., Lestari, N. A., & Hartati, S. (2018). Pengaruh Origami Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 98. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.13

Risa Nur Saadah, W. (2020). Metode Penelitian R&D (Research and Development) Kajian Teori dan Aplikatif (A. R. Abdullah (ed.); I). Literasi Nusantara.

Salkind, N., & Stehouwer, D. J. (2013). Fine Motor Development. Encyclopedia of Human Development. https://doi.org/10.4135/9781412952484.n258

Sand fecolleges, P. school. (2017). Child Development from Birth up to 5 Years. BTEC L2 Technicals CPLD Draft, March, 46–87.

University of Minnesota. (2010). Developmental Skills for Ages 5 to 6 Years.

Published

2021-12-31