Peran Guru dalam Mengembangkan Kreativitas Pembelajaran Pada Era New Normal Di Taman Kanak-Kanak (TK) Al-Bayan Jorong Tabubaraie Nagari Paninjauan

Authors

  • Nayla Karima Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini- Universitas Negeri Padang
  • Elise Muryanti Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini- Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.3955

Keywords:

Peran Guru, Kreativitas Pembelajaran, New Normal

Abstract

Peran Guru dalam Mengembangkan Kreativitas Pembelajaran Pada Era New Normal

Author Biographies

Nayla Karima, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini- Universitas Negeri Padang

Mahasiswa jurusan PG-PAUD UNP tahun masuk 2017

Elise Muryanti, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini- Universitas Negeri Padang

Dosen PG PAUD-UNP

References

Asrori, M. (2013). Permainan Edukatif dengan Media Puzzle Mengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun TK Islamiyah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(10).

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan. PT. Remaja Rosdakarya.

Djamarah, S. B. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Rineka Cipta.

Evawani, F. (2016). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(6).

Fakhriyani, D. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200.

Hamalik, O. (2008). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bumi Aksara.

Hartati, S. (2007). How To Be A Good Teacher And To Be A Mother. Kencana.

Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Kencana.

Mulyati, S. (2013). Meningkatkan Kreativitas pada Anak. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 2(2), 124–129.

Munandar, U. (2012). Mengembangkan Bakat Kreativitas Anak Sekolah: Petunjuk Bagi Para Guru Dan Orang Tua. PT. Gramedia.

Muryanti, E. (2017). Building Children’s Critical Thinking by Puzzle Story Telling. Adv. Soc. Sci. Educ. Humanit, 58, 147–151.

Nana, S. (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi COVID-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 115–123.

Putri & Muryanti, E. (2020). Video Game Series Dalam Pengucapan Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 30263037.

Qamari, I. (2017). Peningkatan Kualitas Layanan dan Tata Kelola Pendidikan Anak Usia Dini Kenanga Panggung Harjo, Sewon, Bantul. Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 5(2), 126–136.

Rachmawati, Y. (2017). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Kencana Prenada Media Grup.

Rasyid, H. (2008). Potret Guru Taman Kanak-Kanak Professional. Universita Negeri Yogyakarta.

Roestiyah. (2001). Didaktik Metodik. Bumi Aksara.

Rogers, C. R. (2012). On Becoming a Person. Pustaka Belajar.

Ruslan, W. (2020). Peranan Guru Fikih Dalam Membina Kedisiplinan Salat Berjamaah Santri Pada Masa New Normal Di Pp Ddi As-Salman Allakung Kabupaten Sidrap. In Tesis. IAIN.

Ummah, A. M. L. (2021). Peran Guru dalam Kegiatan Pembelajaran dari Rumah pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Islam Sari Bumi Sidoarjo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 5(18–24).

Waluyo, E. (2000). Profesional Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak.

Winarsieh, I. (2020). Peranan Guru dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(4), 159–164.

Published

2021-12-31