ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA ANAK PADA BUKU CERITA BERGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK

Authors

  • Refila Yuni Zalmi Universitas Negeri Padang
  • Nenny Mahyuddin Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.3957

Keywords:

Kesantunan Berbahasa, Buku Cerita Bergambar, Anak

Abstract

 

                                                           Abstract

The purpose of this research or research is to know the analysis of children's language politeness in story books that have pictures in Kindergarten. The methodology used in this research is a literature study. The data collection technique he carried out in this research was by examining, reviewing, and also concluding various relevant data sources he obtained from documents, articles, journals, and others, both secondary and primary sources using data analysis techniques. form of content analysis. Based on various research results, it shows that children's language politeness can be developed by using story books that have pictures in them. Story books that have pictures in them can be used as a medium of learning in familiarizing children with polite language according to the choice of reading content that will be presented to children. The results show that it is very important to develop children's language politeness from an early age, through habituation that is consistently trained, through picture story books children can be interested in seeing the images presented which will gain knowledge, new vocabulary and can also develop children's development.

Keywords: language politeness, picture story books, children

 

ABSTRAK

Tujuan dari pada riset ataupun penelitian ini ialah guna diketahuinya analisis kesantunan berbahasa anak pada buku cerita yang memiliki gambar pada Taman Kanak-kanak. Metodologi yang dipergunakan pada riset ini ialah studi literature. Teknik pengumpulannya data yang dilakukannya pada riset inu yakni dengan cara menelaah, mengkaji, serta juga menyimpulkan bermacam sumber-sumber data yang relevan yang diperolehnya dari dokumen, artikel, jurnal, serta lain-lain, baik itu sumber sekunder ataupun primer yang mempergunakan teknik analisa data berwujud analisa isi. Didasarkannya dari berbagai hasil riset menunjukkan bahwasanya kesantunan berbahasa anak dapat dikembangkan dengan mempergunakan buku cerita yang memiliki gambar didalamnya. Buku cerita yang memiliki gambar didalamnya bisa dijadikan sebagai media pembelajaran dalam membiasakan anak berbahasa yang santun sesuai dengan pemiliah isi bacaan yang akan disajikan kepada anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesantunan berbahasa anak sangatlah penting dikembangkan semenjak usia dini, melalui pembiasaan yang dilatih secara konsisten, melalui buku cerita bergambar anak dapat tertarik melihat gambar yang disajikan yang akan mendapatkan pengetahuan, kosakata baru dan juga dapat mengembangkan perkembangan anak.

Kata Kunci: kesantunan berbahasa, buku cerita bergambar, anak

References

Afnida, M., Fakhriah, & FItriani, D. (2016). Penggunaan Buku Cerita Bergambar dalam Pengembangan Bahasa Anak pada TK A di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 53–59.

Amril, R., & Pransiska, R. (2021). Analisis Buku Cerita Bergambar “ Bee Series ” Sebagai Media Dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak. Jurnal Golden Age, 5(02), 175–184.

Anggraini, N. (2019). Kesantunan Berbahasa Anak dalam Perspektif Pemerolehan Bahasa dan Peran serta Pendidikan Karakter. Prosiding Sembadra Universitas Sriwijaya, 2(1), 68–78.

Aprilia, N. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Pembelajaran Membaca di Kelas II SD. FKIP UNIVERSITAS JAMBI, 1–12.

Apriliani, Erlina Intan. (2019). Kesantunan Bahasa Anak di PAUD Mekar Sari Gondoriyo Kecamatan Jambu. Indonesia Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(2), 62–70.

Chaer, A. (2010). Kesantunan Berbahasa. Rineka Cipta.

Deiniatur, M. (2017). Pembelajaran Bahasa pada Anak Usia Dini melalui Cerita Bergambar. Jurnal Elementary, 3, 190–203.

Harahap, N. (2014). Oleh :Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra, 08(01), 68–73.

Hidayat, T., & Agustini, R. (2019). RANCANGAN STRATEGI PENDIDIKAN BERBAHASA SANTUN DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 9(2), 61–66.

Ideo, W., & Putri, S. (2019). Seri Ayo Berkata Baik “Mimi Bilang Permisi” (PT Gramedi).

Jamun, Y. M., & Momang, H. D. (2021). PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN KESANTUNAN BERBAHASA ANAK USIA DINI BERBASIS MULTIMEDIA. Jurnal Anak Usia Dini Dan Penidikan Anak Usia Dini, 7(1), 7–20.

Juhaeni, Ludiawati, W., Safaruddin, Laili, L. N., Zahrotul, L., Ulfa, & Ambarwati, P. (2020). Kesantunan Berbahasa pada Anak Melalui Pembiasaan. Journal of Early Childhood Education and Development, 2(2), 117–123. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jeced.v2i2.942

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Prenadamedia Group.

Mahyuddin, N., & Rozimela, Y. (2019). Polite Language Learning Model through Interactive Learning CDs at Bukittinggi Kindergarten. Jurnal Atlantis Press, 178(ICoIE 2018), 636–640.

Mahyuddin, N., Rozimela, Y., & Yaswinda. (2018). Model Pembelajaran Berbahasa Santun melalui CD Pembelajaran Intreraktif di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Pariaman. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidkan Anak Usia Dini, 2 (11).

Mansur. (2014). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Pustaka Pelajar.

Melia. (2019). Prinsip kesantunan berbahasa siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(1), 110–123.

Mursid. (2017). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Remaja Rosdakarya Offset.

Muthie, I. dan, & Yaswinda. (2019). Stimulasi Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini. Indonesia Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 127–136.

Ningsih, S. Y., & Mahyuddin, N. (2022). Desain E-Module Tematik Berbasis Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 137–149. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1217

Nurjamily, W. O. (2015). Kesantunan berbahasa Indonesia dalam Lingkungan Keluarga (Kajian Sosiopragmatik). Jurnal Humanika, 3(15), 1–18.

Pratama, P. (2020). PENGEMBANGAN STRATEGI KESANTUNAN BERBAHASA PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID-19. 10(2), 1–9.

Putri, P. A., & Ismet, S. (2020). Efektivitas permainan perkusi kastanyet terhadap kecerdasan musikal anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 463–468.

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275.

Rifnida, & Wicaksono, A. (2017). Pelatihan Kesantunan Berbahasa Guru dalam Pembelajaran Membentuk Karakter Anak di TK Titah Bunda Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 28–32.

Sari, M. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research ) dalam Penelitian Pendidikan IPA , ISSN : 2715-470X ( Online ), 2477 – 6181 ( Cetak ). Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 917–929.

Sari, N. I., & Septiani, E. (2020). Meningkatkan Nilai Kesopanan dan Kesantunan Anak Dalam Berbahasa Di Era Kenormalan Baru. Prosiding Seminar Nasional Dan Diskusi Planel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, 209–214.

Published

2022-01-01