MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK

Authors

  • Riska Aprilianti Universitas Sebelas April Sumedang
  • Sesi Septiani TK PGRI Mekar Wangi

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.3962

Keywords:

anak usia dini, kecerdasan naturalis, pendekatan saintifik.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kecerdasan naturalis penting dikembangkan sejak dini agar anak memiliki pengetahuan tentang lingkungan alam dan sekitarnya serta mengetahui cara menjaga lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kecerdasan naturalis pada anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Model Kemmis dan Mc Taggart, penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak kelompok B dengan jumlah 10 orang anak. Adapun Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan saintifik dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak kelompok B TK PGRI Mekar Wangi. Rata-rata skor seluruh anak pada kondisi awal mencapai 1,4 dengan persentase 10%. Siklus 1 rata-rata skor meningkat menjadi 1,9 dengan persentase 40%. Siklus 2 rata-rata skor meningkat kembali menjadi 2,3 dengan persentase 60%. Dan pada siklus 3 rata-rata skor terjadi peningkatan kembali menjadi 2,9 dengan persentase 90%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa melalui pendekatan saintifik dapat meningkatkan kecerdasan naturalis pada anak kelompok B TK PGRI Mekar Wangi.

References

Agustin, M. (2013). Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Anak Sejak Dini Sebagai Tonggak Awal Melahirkan Generasi Emas. Jurnal Cakrawala Dini : Vol. 4 No. 2 Hal 113-122.

Arikunto, S (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Armstrong, T (2013). Kecerdasan Multipel di dalam Kelas. Jakarta: Indeks.

Armstrong, T. (2002). Setiap Anak Cerdas: Panduan Membantu Anak Belajar Dengan Memanfaatkan Multiple Intelligencesnya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Daryanto.(2014). Pendekatan pembelajaran saintifik kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Juniarti, Y. (2015). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Kunjungan Lapangan (Field Trip). Jurnal Pendidikan Usia Dini Volume 9 Edisi 2, Hal 267-284.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2014). Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2015). Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.

Lia, N, F,A., dan Sari, S, S. (2021). Paikem Model Pembelajaran Alternatif Bagi Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood and Character Education Vol 1, No : 1, Hal 19-34.

Lie, A (2003). Menjadi Orang Tua Bijak: 101 Cara Menumbuhkan Kecerdasan Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Marwah., Rahamma, T., Nadjib M. (2017). Pendekatan Saintifik Dalam Pengembangan Bahasa Anak Di Taman Kanak-Kanak Asoka Kota Makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA. Vol.6 No.2 Hal 249-255.

Marwiyati, S dan Istiningsih. (2021). Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi. Volume 5 Issue 1 Hal 135-149.

Musfiroh, T. (2005). Bermain Sambil Belajar Dan Mengasah Kecerdasan (Stimulasi Multiple Intelligences Anak Usia Taman Kanak-Kanak) Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Oktamarina, L. (2021). Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Sejak Usia Dini Melalui Kegiatan Green School di PAUD Uswatun Hasanah Palembang. Jurnal Ilmiah Potensia. Vol 6 No 1 Hal 37-44.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sujiono, Y.N (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Surya, M (2003). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Yayasan Bhakti Winaya.

Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Published

2021-12-31