IMPLEMENTASI TEKNIK BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI GANGGUAN KECEMASAN SOSIAL ANAK USIA DINI

Authors

  • Lidia Kristina Sitompul Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.4146

Keywords:

teknik bimbingan konseling, gangguan kecemasan sosial, anak usia dini.

Abstract

Dalam proses pembelajaran terdapat berbagai masalah yang perlu diselaraskan dan distabilkan agar tercipta kondisi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Semakin kompleksnya permasalahan yang dialami oleh peserta didik di jenjang pendidikan dasar, menengah ataupun atas, akan tetapi juga permasalahan yang muncul pada anak usia dini. Salah satu diantaranya adalah gangguan kecemasan sosial yang dialami oleh anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dari teknik-teknik bimbingan konseling dalam mengatasi gangguan kecemasan sosial anak usia dini. Disini peran konselor atau guru di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat diperlukan dalam memberikan stimulasi untuk menangani permasalahan tersebut. Dengan asumsi bahwa pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang sangat penting karena sebagai pondasi bagaimana anak ketika sudah besar, maka layanan bimbingan konseling diterapkan pada anak usia dini melalui tata cara atau pendekatan maupun teknik khusus yang digunakan disesuaikan dengan usianya. Teknik yang digunakan dalam melakukan bimbingan dan konseling pada anak usia dini yaitu ada 4 teknik antara lain aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.   

Published

2022-01-01