PENGARUH EKONOMI DAN TINGKAT KEPEDULIAN ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK DI MASA PANDEMI

Authors

  • Noor Baiti Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Muhammad Afif Rahman Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i1.4173

Keywords:

Ekonomi, Kepedulian Orang Tua, Kemampuan Berbicara

Abstract

Kemampuan literasi anak berhubungan dengan kemampuan bahasa yaitu menulis dan membaca pada anak. Selama masa pandemi orang tua dituntut untuk memenuhi fasilitas dan membimbing anak di rumah. Pendidikan dan ekonomi orang tua berperan dalam hal ini. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh pendidikan dan ekonomi orang tua terahadp kemampuan literasi anak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data digunakan instrumen kuesioner, observasi dan wawancara dalam pengumpulan data. Hasil penelitian ialah: (1) terdapat hubungan signifikan pendidikan orang tua dengan kemampuan literasi anak usia dini, (2) terdapat hubungan signifikan ekonomi orang tua dengan kemampuan literasi anak (3) terdapat hubungan signifikan pendidikan dan ekonomi orang tua dengan kemampuan literasi anak usia dini.

References

Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19 . Info Singkat;Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan trategis, XII(7/I), 6.

Atsani, L. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(2) , 44–54.

Ghoting, S. N., & Diaz, P. M. (2006). Early Literacy Storytimes@your Library. American Library Association (hal. 5). Chicago: American Library.

Gong, G. A., & Irkham, A. M. (2012). Gempa Literasi. Jakarta: Gramedia.

Herdiana, D., Heriyana, R., Suhaerawan, R., (2019). Pemberdayaan Masyarakat melalui Gerakan Literasi Perdesaan di Desa Cimanggu Kabupaten Bandung barat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2019, Vol. 4 No. 4, Page: 431-442. Retrivied from http://ppm.ejournal.id/index.php/pengab dian/article/view/20

Herlambang, A. A. (2020, 08 25). ayosemarang.com. Dipetik 01 23, 2021, dari ayosemarang: https://www.ayosemarang.com/read/2020/08/25/62601/tanam-budaya-literasi-sejak-dini-selama-pandemi

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Husein, U. (2012). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mahbudin. (2020, 07 13). BDKJakarta Kementerian Agama RI. Dipetik 01 20, 2021, dari BDKJakarta Kementerian Agama RI: bdkjakarta.kemenag.go.id

Martini, F., & Sénéchal, M. (2012). Learning literacy skills at home: Parent teaching,Expectations, and child interest. Canadian Journal of Behavioural Science, 44 (3), , 210-221.

Musfiroh, T. (2009). Menumbuhkan Baca-Tulis anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo.

Nazir, M. (2005). Metodologi Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Novari, A. F., Ardini, F. M., Rostiana, H., Meliyawati., Widiatmoko, M., Rohimajaya, N. A., Gumelar, R. E., & Sauri, S. (2020). Optimalisasi minat baca anak Desa Medalsari di masa pandemi melalui storytelling. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(3), 646-655. Retrivied from http://ppm.ejournal.id/index.php/penga bdian/article/view/599 Kurniawan. (2015). Pelaksanaan program motor keliling TBM Mata Aksara di desa Umbulmartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Jurnal Elektronik Mahasiswa PLS Vol. 5, 320 No. 8, hal. 321. Retrivied from https://core.ac.uk/display/7803401

Nurlaeni, N., & Juniarti, Y. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 196.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.

Somantri, S. (2012). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Umar, M. (2015). Peranan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 9(1), 20–28.

Wiyani, N. A. (2015). Manajemen PAUD Bermutu: Konsep dan Praktik MMT Di KB, TK/RA. Yogyakarta: Gava Media.

Wiyani, N. A. (2017). Manajemen PAUD Berdaya Saing. Yogyakarta: Gava Media.

Yoga, D. S., Suarmini, N. W., & Prabowo, S. (2015). Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak serta Budi Pekerti Anak. Jurnal Sosial Humaniora, 8(1), 46–54.

Yusuf, S. (2004). Psikologi Perkembangan Anak. Bandung: Remaja

Downloads

Published

2022-07-03