SURVEY KOLABORASI ORANG TUA DAN GURU DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI TERHADAP KEBERHASILAN PEMBELAJARAN

Authors

  • Gustia Ningsih UNP
  • Delfi ELiza Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i1.4353

Keywords:

Kolaborasi Orang Tua dan Guru, Penggunaan Teknologi Informasi, Keberhasilan Pembelajaran Bahasa, Anak Usia Dini

Abstract

Bersumber pada hasil pemantauan awal periset yang menciptakan beberapa anak nampak kurang memiliki keahlian bahasa, anak kurang yakin diri serta tidak melaksanakan aktivitas menceritakan yang dimohon guru. Tipe riset merupakan riset deskriptif kuantitatif memakai tata cara survei. Riset ini bermaksud buat mendefinisikan kerja sama orang berumur serta guru memakai ilmu teknologi kepada kesuksesan penataran bahasa anak umur dini. Metode pengumpulan informasi ialah berbentuk angket. Metode analisa informasi memakai percobaan keabsahan serta percobaan reliabilitas. Metode determinasi ilustrasi memakai purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa kolaborasi orang berumur dana guru dalam penggunaan teknologi informasi terhadap keberhasilan perkembangan bahasa anak usia dini sebesar 67,44 (pada interval 63-67 atau 35%) pada kategori kadang-kadang. Dalam arti lain kolaborasi orangtua dan guru dalam penggunaan teknologi terhadap keberhasilan bahasa anak pada kategori sedang yaitu dalam rata-rata tidak tinggi maupun tidak rendah dapat dikatakan cukup baik, hanya perlu memaksimalkan dan melakukan peningkatan lagi.

References

Abdurrahman, dkk. 2019. Langguage Acquisition For Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 3 No 1. file:///C:/Users/ACER/Downloads/156-584-1- PB.pdf

Anawaty, Mardiana Faridhatul. 2020. Pembelajaran Yang Menyenangkan Dirumah Serta Pentingnya Kolaborasi Orang Tua, Guru Dan Anak. Prosiding Seminar Nasional FIP Hal: 077-083

Aprinawati, Iis. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 1 Issue 1 (2017) Pages 12 – 18. DOI: 10.31004/obsesi.v1i1.33

Aqib, Z. (2011). Pendidikan karakter : membangun perilaku positif anak bangsa. Yrama Widya. Carool, Seefelt & Barbara A, W. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:

PT Indeks.

Diadha, R. (2015). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran. Vol.2, No.1

Eliza D. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Learning (CTL) Berbasis Sentra Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Universitas Garut. Vol 9. No 1.

Eliza D. 2021. Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal Untuk Perekembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 5 No. 2

Huliyah, Muhiyatul. (2016). “A ṣ - ṣ Ibyan ,.” 1(1): 60–71

Erika, Nanda. (2013). “Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan „Maze‟ Kata Di Taman Kanak-Kanak Padang.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.

Febriani, Alvi Sufiyanti, Edi Hendri Mulyana, and Taopik Rahman. (2020). “Pengembangan Educative Game Berbasis Aplikasi Android Untuk Memfasilitasi Keterampilan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Paud Agapedia 2(2): 187–96.

Harnani, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Bdk Jakarta Kementerian Agama Ri, September, 1–4.

Hawadi, Reni. (2008). Psikologi Perkembangan Anak Mengenal Sifat, Bakat, Dan Kemampuan Anak. Cetakan Ke. Jakarta: PT. Grasindo.

Hayakawa, M., Englund, M. M., Warner-Richter, M. N., & Reynolds, A. J. (2013). The Longitudinal Process of Early Parent Involvement on Student Achievement: A Path Analysis. NHSA Dialog, 16(1), 103–126. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27867317%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/ articlerender.fcgi?artid=PMC5115270

Irwansyah. (2018). Pendamping Orang Tua Pada Anak Usia Dini Dalam Penggunaan Teknologi Digital. Jurnal Of Language, Literature, Culture, And Education. Vol.14 No. 1

Julinda. (2020). Kerjasama Guru Dan Orang Tua Dalam Mengelola Strategi Pembelajaran Home Learning Masa Pandemi Covid 19 Di PAUD Kasih Efrata Jatiahsih Bekasi. Jurnal Dinamika Pendidikan. Vol. 13 No. 3

Konishi, Haruka, et al. (2014). Six Principles of Language Development: Implications for Second Language Learners. Developmental Neuropsycology, 39 (5), 404-420

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia

Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541 Mansur (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Karya.

Masyithoh, Syari‟ati. (2016). “Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melaluimedia Balok Huruf Pada Kelompok B Tk Negeri Pembina Bantul.” Jurnal Pendidikan Anak 5(2).

Permendikbud. (2014). “Standar Nasional Penilian PAUD No. 137.” Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 65(879): 2004–6.

Rusniah, R. (2017). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Metode Bercerita Pada Kelompok A Di Tk Alahayati Neuhen Tahun Pelajaran 2015/2016. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 114. https://doi.org/10.22373/je.v3i1.1445

Sudarsana. (2014). “Konsep Dasar Pembinaan Minat Baca.” : 1–49. http://repository.ut.ac.id/4222/1/PUST4421-M1.pdf.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sukadi. (2008). Progresive Learning. Niaga Qolubun.

Sumantri. (2015). Strategi pembelajaran. Kharisma Putra Utama

Szente, J. (2020). Live Virtual Sessions with Toddlers and Preschoolers amid COVID-19: Implications for Early Childhood Teacher Education. Journal of Technology and Teacher Education, 28(2), 373–380.

Sumantri. (2015). Strategi pembelajaran. Kharisma Putra Utama

Szente, J. (2020). Live Virtual Sessions with Toddlers and Preschoolers amid COVID-19: Implications for Early Childhood Teacher Education. Journal of Technology and Teacher Education, 28(2), 373–380.

Qadafi, Muammad. (2019). Kolaborasi Guru dan Orang Tua Dalam Mengembangkan Aspek Moral Agama Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. Vol 5. No 2

Winarti, Winarti, and Dadan Suryana. (2020). “ : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pengaruh Permainan Puppet Fun Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini” Jurnal Obsesi 4(2): 873–82.

Wijayanti. (2021). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD .Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5 Issue 2 (2021) Pages 1304-1312. ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print)

Winingsih, E. (2020). Peran Orangtua dalam Pembelajaran Jarak Jauh. In Poskita. https://poskita.co/2020/04/02/peran-orangtua-dalam-pembelajaran-jarak-jauh/

Yamin & Sanan (2010). Karekteritik PAUD. Jakarta: Rineka Jaya.

Yulsyofriend., Anggraini, Vivi., & Yeni., Indra. 2019. Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.Volume 3 No. 1. ISSN: 2580- 4197

Yusuf, A Muri. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Penelitian Gabungan (Pertama). Jakarta: Renika Cipta.

Published

2022-07-03