PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DI ERA NEW NORMAL TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK USIA DINI

Authors

  • Nurma nurma UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Ihsan Ihsan

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i1.4755

Keywords:

Motivasi, hasil belajar anak

Abstract

      

Abstrak

Perubahan keadaan dunia membawa pengaruh terhadap lingkungan belajar. Lingkungan belajar baru memberikan dampak buruk terhadap dunia pendidikan anak. Masa usia dini kemampuan anak dalam beradaptasi dengan lingkungan belajar baru berbeda dengan orang dewasa. Perubahan lingkungan belajar secara drastis membawa anak-anak kembali menurunnya minat belajar. Menurunnya minat belajar bepengaruh kepada hasil belajar anak. Tujuan dari penelitian ini ialah agar dapat mengatahui pengaruh dari motivasi belajar di era new normal terhadap hasil belajar anak usia dini. Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Anak yang dijadikan sebagai sampel adalah anak kelas B TK Harapan Bunda yang berjumlah 28 orang anak. Instrumen yang dipakai ialah angket dan sejumlah tes. Hasil yang didapatkan setelah melakukan analisis regresi liniear sederhana didapatkan bahwa nilai F hitung = 4.482 dengan tingkat signifikasi sebesar .044 > 0.05 maka dapat diketahui bahwa motivasi belajar di era new normal memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar anak usia dini.

 

 

References

Aldilla, L., Anas, A. V., Tui, R. N. S., Faizal, S., & Mutsammir. (2018). "Konstruksi Model Persamaan untuk Prediksi Biaya Produksi Pemindahan Lapisan Tanah Penutup Menggunakan Analisis Regresi". 313–324.

Alwahidi, A. A., Sani, M. I., Dewi, A. M., Darmawangsa, S. S., & Nur, T. (2021). "Optimalisasi Minat Belajar dengan Metode Fun Learning pada Era New Normal di Desa Sengkerang , Kecamatan Praya Timur". Jurnal Pengamdian Magister Pendidikan IPA, 4, 2–5. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.682

Atuy, I. A., Lolong, Z. J., & Situmorang, Y. (2020). "Lingkungan Belajar di Era New Normal di TK Matuari Werot". Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, 66–71.

Aulina, C. N. (2018). "Penerapan Metode Whole Brain Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini".Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1–12.

Damanik, B. E. (2019). "Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar". Jurnal Publikasi Pendidikan, 9, 46–52.

Fadlilah, A. N. (2021). "Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi Abstrak".Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373–384. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548

Fahlena, H. (2021). "Peran Dan Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19". 1, 397–403.

Harmalis. (2019). "Motivasi Belajar dalam Perspektif Islam". Indonesian Journal of Counseling & Development, 01(01), 51–61.

Heryyanti, D. A., Tanzeh, A., Masrokan, P., & Tulungagung, I. (2021). "Pengaruh Gaya , Minat , Kebiasaan dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Era New Normal". Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3935–3945.

Mendari, S. A., & Kewal, S. S. (2015). "Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Student Learning Motivation". Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XIII(2).

Munasti, K., & Suyadi. (2022). "Respon Penggunaan Media Power Point Berbasis Interaktif untuk Anak Usia Dini di Era Pandemi". Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 876–885. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1567

Nasrah, & Muafiah, A. (2020). "Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19". Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(2), 207–213.

Rohendi, T. (2016). "Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa ( The Effect Of The Powerpoint Media And The Learning Motivation Towards Student' S Learning Outcomes )". Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 32–41.

Sugiyo, Q. A., & Abadi, A. P. (2019). "Konsep Dan Peran Motivasi Dalam Belajar Matematika". 957–961.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). "Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19". Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243.

Published

2022-07-03