Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Mulianah Khaironi universitas hamzanwadi
  • Nuradiyah Yuliastri Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.479

Keywords:

pendidikan moral, anak usia dini

Abstract

Pendidikan sebagai upaya pengubahan perilaku anak untuk menjadi lebih baik, terutama dalam mendidik moral anak usia dini. Pelaksanaan pendidikan moral pada anak usia dini melibatkan banyak pihak, yaitu: orang tua di rumah dan guru di lembaga pendidikan. Orang tua berperan sebagai guru pertama bagi anak. Tingkah laku, tutur kata, dan penampilan orang tua akan ditiru oleh anak. Pendidikan Anak Usia Dini diharapkan mampu memberikan berbagai stimulasi untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak, salah satunya dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk anak. Orang dewasa disekitar anak harus siap menjadi model dan teladan bagi anak dalam membentuk moral yang baik Upaya yang dilakukan dalam memberikan pendidikan moral pada anak usia dini di lembaga pendidikan dimulai dengan kepribadian guru yang patut menjadi model dan teladan bagi anak, dan dilanjutkan dalam pelaksanaan proses pembelajaran dengan memasukkan unsur-unsur moral ke dalam komponen pendidikan. Perkembangan moral pada anak dapat berlangsung melalui pendidikan langsung, peniruan, dan proses mencoba.

References

Abdul Mujib, & Jusuf Mudzakkir. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ali Nugraha, dkk. (2015). Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Ahmad Nawawi. (2010). Pentingnya Pendidikan Nilai Moral Bagi Generasi Penerus. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Farida Agus Setiawati (2006). Pendidikan Moral Dan Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini: Bukan Sekedar Rutinitas. Paradigma, No. 02 Th. I p. 41-48.

Hapidin & Yenina. (2016). Pengembangan Model Permainan Tradisional Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini Volume 10 Edisi 2, November 2016).

Husni Rahim and Maila Dinia Husni Rahiem. (2012). The Use Of Stories As Moral Education For Young Children. International Journal of Social Science and Humanity, Vol. 2, No. 6, November 2012.

John Siraj-Blatchford. (2009). Editorial: Education for Sustainable Development in Early Childhood. International Journal of Early Childhood, Vol. 41, No. 2, 2009.

Kristin A. Termini & Jeannie A. Golden. Moral Behaviors: What Can Behaviorists Learn from the Developmental Literature?. International Journal of Behavioral Consultation and Therapy Volume 3, No. 4, 2007, p. 477.

Masitoh, dkk. (2008). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Menteri Pendidikan Nasional. (2009). Salinan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 58 Tahun 2009, tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

R. Andi Ahmad Gunadi. (2013). Membentuk Karakter Melalui Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini Di Sekolah Raudhatul Athfal (R.A) Habibillah. Jurnal Ilmiah Widya Volume 1 Nomor 2 Juli-Agustus 2013 p. 85 – 91.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Sapendi. (2015). Internalisasi Nilai-nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini. At-Turats, Vol.9 Nomor 2 Desember Tahun 2015.

Syamsul Yusuf LN. (2011). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2017-07-31