PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENEMPEL DENGAN MEDIA DAUN

Authors

  • Ana Sriani STKIP Modern Ngawi
  • Dita Primashanti Koesmadi STKIP Modern Ngawi
  • Arwendis Wijayanti STKIP Modern Ngawi

Keywords:

Fine Motor Ability, Sticking Activities with Leaf Media, Kindergarten of B Group

Abstract

Abstrack

This study aims to describe how sticking activities can improve fine motor skills in group B children of RA Al Hidayah Ngancar in the 2021/2022 academic year. The type of research used is Classroom Action Research (CAR) which uses the Kemmis and Mc. Taggart. The research subjects were group B children RA Al Hidayah Ngancar, totaling 13 children consisting of 9 boys and 4 girls. Data collection techniques were carried out through observation and documentation. The instrument used is an observation sheet. The indicator of success in this study is if the percentage calculation shows that 76% of children experience an increase in fine motor skills through sticking activities with leaf media. The result showed that children’s fine motor skills increased after the action through sticking activities with leaf media. At the time of pre-action, the percentage of children’s fine motor skills was 23%, increased to 54% in cycle 1, and increasing to 84% in sycle 2. It can be concluded that sticking activities with leaf media can improve fine motor physical skills in early childhood.

 

Keywords : Fine Motor Ability, Sticking Activities with Leaf Media, Kindergarten of B Group.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kegiatan menempel dapat meningkatkan motorik halus pada anak kelompok B RA Al Hidayah Ngancar Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah anak kelompok B RA Al Hidayah Ngancar yang berjumlah 13 anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Teknik pengumpulan data di lakukan melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen yang di gunakan adalah lembar observasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila perhitungan presentase menunjukkan 76% anak mengalami peningkatan ketrampilan motorik halus melalui kegiatan menempel dengan media daun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketrampilan motorik halus anak meningkat setelah adanya tindakan melalui kegiatan menempel dengan media daun. Pada saat di lakukan pra tindakan, presentase kemampuan motorik halus anak 23 % meningkat menjadi 54% pada siklus I, dan mengalami peningkatan menjadi 84% pada siklus 2. Dapat di simpulkan bahwa kegiatan menempel dengan media daun dapat meningkatkan ketrampilan fisik motorik halus anak usia dini.

 

Kata Kunci : Kemampuan Motorik Halus, Kegiatan Menempel dengan Media Daun, RA Kelompok B.

References

Abarua, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menempel di Kelompok Bermain. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 1(2).

Asmani, J. M. (2011). Penelitian tindakan kelas. Jogjakarta: Laksana.

Bahari, J. I., & Hamidah, U. N. (2022). Optimalisasi Kemampuan Motorik Halus Siswa Melalui Media Kinetic Sand Di TK Bahrul Ulum Bangorejo Banyuwangi. Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 6(1), 132–145.

Darmawan, A., & Maulana, A. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Motorik Halus Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 4(2), 23–27.

Eddy, S., Rosanti, D., & Falansyah, M. (2018). Keragaman spesies dan etnobotani tumbuhan mangrove di Kawasan Hutan Lindung Air Telang Kabupaten Banyuasin. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan, 1(1).

Fatmawati, F. A. (2020). Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Caremedia Communication.

Herlidasari, A., Jannah, M., & Syafitri, A. R. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Menggunakan Teknik 3M (Melipat, Menggunting Dan Menempel) Pada Anak Usia Sekolah Dasar Kelas Awal. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 2(1), 18–30.

KARANGBENDO, K., BANTUL, B., Wulandari, R., & Martono, M. P. (n.d.). Skripsi yang berjudul" Menongkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Dan Menempel Pada Anak.

Koesmadi, D. P., Wijayanti, A., & Azizah, E. N. (2020). Workshop Pengembangan Kurikulum Bahan Ajar dan Model Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013. IJCE (Indonesian Journal of Community Engagement), 1(1), 13–17.

Kusumastuti, N., Putri, V. L., & Wijayanti, A. (2021). Pengembangan Media Frueelin Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(01), 155–163.

Maria, E., Yulianto, Y., Arinda, Y. P., Jumiaty, J., & Nobel, P. (2018). Segmentasi Citra Digital Bentuk Daun Pada Tanaman Di Politani Samarinda Menggunakan Metode Thresholding. Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI), 2(1), 37–46.

Marsofely, R. L., & Yuniarti, E. (2017). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5 Tahun Yang Mengikuti PAUD Di Kecamatan Curup. Jurnal Media Kesehatan, 10(2), 191–194.

MUJININGSIH, M. (2012). Penggunaan Strategi Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Tentang Struktur Daun Dan Fungsi Daun Pada Siswa Kelas IV Semester Gasal SD Negeri 1 Kranggan Polanharjo Klaten Tp 2012/2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mustafa, P. S., & Sugiharto, S. (2020). Keterampilan motorik pada pendidikan jasmani meningkatkan pembelajaran gerak seumur hidup. Sporta Saintika, 5(2), 199–218.

SIREGAR, Z. U. (n.d.). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggunting dan Menempel Di Paud Cempaka Kec. Medan Labuhan.

Warnida, W. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai di Kelompok B1 TK Berkah Kota Jambi Tahun 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 132–140.

Widayati, A. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1).

Wijayanti, A. (2019). Pengembangan Permainan Maze Tiga Dimensi Pada Kemampuan Motorik Kasar Kelompok B Di Tk Pgri I Jogorogo Ngawi. Jurnal Pendidikan Modern, 4(3), 18–27.

Yulianto, D., & Awalia, T. (2017). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Montase Pada Anak Kelompok B RA Al-Hidayah Nanggungan Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 2(2), 118–123.

Published

2022-12-31