PENINGKATAN PERILAKU KEMANDIRIAN ANAK MELALUI KEGIATAN MERONCE PADA KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA POJOK

Authors

  • niken santika STKIP Modern Ngawi
  • Dita Primashanti Koesmadi STKIP Modern Ngawi
  • Narendradewi Kusumastuti STKIP Modern Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i2.5468

Keywords:

Independence, Meronce Activities, Early Childhood

Abstract

Abstrak

           

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana kegiatan meronce dalam meningkatkan perilaku kemandirian pada anak di TK Dharma Wanita Pojok Kwadungan Ngawi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dimana dilakukan secara dua siklus. Pada penelitian tindakan kelas inin subjek anak sebanyak 17 anak. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Kemampuan menulis anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan meronce yang dimana pada pra siklus 25% meningkat pada siklus I 60%  dan siklus II 90% sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan meronce dapat meningkatka perilaku kemandirian pada anak di TK Dharma Wanita Pojok Kwadungan Ngawi.

 

Kata Kunci : Kemandirian, Kegiatan Meronce, Anak Usia Dini

 

 

 

Abstract

 

               This study aims to describe how the meronce activity in increasing the behavior of independence in children in TK Dharma Wanita Pojok Kwadungan Ngawi. This research uses classroom action research (CAR) which is conducted in two cycles. In this classroom action research the subject of children as many as 17 children. The data collection method used in this research is observation and documentation. Children's writing ability can be improved through meronce activities which in pre-cycle 25% increased in cycle I 60% and cycle II 90% so it can be concluded that meronce activities can increase independent behavior in children in TK Dharma Wanita Pojok Kwadungan Ngawi.

 

Keywords: Independence, Meronce Activities, Early Childhood

References

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Chairilsyah, D. (2019). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 88–98.

Gradini, E. (2016). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Mengurutkan Bilangan Melalui Meronce. Jurnal As-Salam, 1(2), 156–166.

Hera, A. J., & Latief, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meronce Pada Anak Kelompok B Tk Islam Nurussalam Kabupaten Maros. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 99–104.

Koesmadi, D. P. (2018). Pengaruh Constructive Play terhadap Kemampuan Pengenalan Geometri dan Klasifikasi pada Anak. Jurnal Pelita PAUD, 2(2), 133–148.

Kusumastuti, N., Putri, V. L., & Wijayanti, A. (2021). Pengembangan Media Frueelin Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(01), 155–163.

Montessori, M. (2017). Penanamana Disiplin dan Kemandirian Anak Usia Dini dalam Metode Maria Montessori Oleh Raisah Armayanti Nasution , M . Pd Abstrak. Jurnal Raudhah, 05(02). https://core.ac.uk/download/pdf/267075533.pdf

Nasution, R. A. (2017). Penanamana Disiplin dan Kemandirian Anak Usia Dini dalam Metode Maria Montessori. Jurnal Raudhah, 5(2).

Puslika, D., & Kurniah, N. (2021). PENERAPAN METODE BERMAIN DENGAN MERONCE UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS DAN KOGNITIF ANAK PADA KELOMPOK B TK NEGERI 1 PAGAR ALAM. JURNAL ILMIAH TEKNOLOGI PENDIDIKAN, 11(2), 182–193.

Rohmah, T. (2012). Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Kegiatan Practical Life Kelompok-A di Ra Al-Ikhlas Medokan Ayu Rungkut Surabaya. Surabaya: UNESA.

Silranti, M., & Yaswinda, Y. (2019). Pengembangan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Dharmawanita Tunas Harapan. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 39–48.

Suprihatin, E., & Rosita, D. (2020). Penerapan Teknik Scaffolding Sebagai Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Kristen Kadasituru Terpadu. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 1(1), 34–55.

Syafrol, D., & Utami, S. (2016). Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Autis dalam Berhitung melalui keterampilan Meronce. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(9).

Warniti, N. K. S., Ardana, I. K., & Kristiantari, M. G. R. (2014). Penerapan Metode Pemberian Tugas Melalui Kegiatan Meronce Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Kelompok B Tk Tirta Kumara Payangan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).

Wijayanti, A. (2019). Pengembangan Permainan Maze Tiga Dimensi Pada Kemampuan Motorik Kasar Kelompok B Di Tk Pgri I Jogorogo Ngawi. Jurnal Pendidikan Modern, 4(3), 18–27.

Published

2022-12-31