STIMULASI KECERDASAN KINESTETIK MELALUI SENI TARI TRADISIONAL ANAK USIA 4-6 TAHUN DI SANGGAR CHANDRA PERFOMING ART SCHOOL

Authors

  • ILMIAWATI DINIA RAHMADANI STKIP MODERN NGAWI
  • Narendradewi Kusumastuti STKIP Modern Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i1.5515

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendisripsikan tentang stimulasi kecerdasan kinestetik melalui seni tari tradisional Gugur Gunung pada anak usia 4-6 tahun di sanggar Chandra perfoming art school. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) stimulasi kecerdasan kinestetik anak melalui tari tradisional Gugur Gunung di sanggar chandra perfoming art school: pelatih menentukan tujuan pembelajaran, alat, alokasi waktu, materi dan langkah-langkah pembelajaran seni tari. 2) pelaksanaan terdiri dari: kegiatan pembukaan yaitu pelatih mengkondisikan anak dan menyampaikan materi yang akan dilaksanakan serta mengingat materi yang sudah diberikan sebelumnya. Kegiatan inti yaitu anak memperhatikan pelatih memberikn contoh gerakan tari lalu diikuti oleh anak, dan menjelaskan makna dari setiap gerakan yang dilakukan. 3) kendala internal: kurangnya komunikasi antar pelatih dan anak, kemampuan kecerdasan kinestetik anak yang berbeda, terdapat gerakan yang sulit untuk ditirukan oleh anak, eksternal yaitu cuaca dan kondisi fisik anak.

Kata Kunci                 :   Stimulasi kecerdasan kinestetik , seni tari tradisional ,  Gugur Gunung, anak usia dini.

Published

2022-07-03