Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Merdeka Bermain

Authors

  • Himatul Khoirunnisa' Universitas Negeri Semarang
  • Ita Kris Hardiyani Universitas Negeri Semarang
  • Ni'matuzahroh Ni'matuzahroh Universitas Negeri Semarang
  • Lita Latiana Universitas Negeri Semarang
  • Ali Formen Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i2.5570

Keywords:

Gaya Kepemimpinan, Kepala sekolah, Merdeka Bermain

Abstract

Mentri Pendidikan Indonesia dalam menyiapkan generasi emas di tahun 2045 mencetuskan konsep merdeka bermain bagi PAUD, untuk menyiapkan proses pembelajaran yang bermutu salah satu faktornya yaitu gaya kepemimpinan kepala sekolah, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam menerapkan merdeka bermain di PAUD TK Islam 01 Kauman dan TK Harapan Bakaran Wetan, Jenis penelitian multi kasus. Subyek penelitian yaitu kepala sekolah dan guru kelas. Hasil dari penelitian ini ialah 1) masing-masing kepala sekolah menggunakan gaya kepemimpinan demokratis 2) masing-masing kepala sekolah dan guru sudah menerapkan merdeka bermain dengan sesuai, kepala sekolah memberikan motivasi pada guru, memberikan pelatihan, memberikan contoh ataupun teladan yang positif, memberi reward, tidak terlalu memberikan tekanan pada guru, memfasilitasi guru. 3) Faktor pendukung; adanya dukungan dan motivasi dari kepala sekolah dan kerjasama antara sekolah dan orang tua dalam proses pembelajaran, Faktor Penghambat; terbatasnya sarana dan prasarana, biaya, dan pengetahuan guru dalam penerapan merdeka bermain.

References

Aguswara, Winda Wirasti, Rachmadtullah, R. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi Dengan Kinerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 369–385. https://doi.org/10.21009/jpud.112.14.

Arifin, S., & Muslim, M. O. H. (2020). Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” pada Perguruan Tinggi Islam Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(1).

Basri, H. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Solo: Pustaka Setia.

Bhatti, O. K., Aslam, U. S., Hassan, A., & Sulaiman, M. (2016). Employee Motivation an Islamic Perspective. Humanomics, 32(1), 33–47. https://doi.org/10.1108/H-10-2015-0066

Bogdan, R., & Biklen, S. K. (1982). Qualitative Research for Education: and Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn & Bacon Inc.

Dewi, N. C., Aslan, A., & Suhardi, M. (2019). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Taman Kanak-Kanak. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 4(1), 159–164. https://doi.org/10.17977/um025v4i22020p159.

Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini. (2021). Pelaksanaan Merdeka Bermain. Jakarta: Direktorat Jendral dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini.

Djafri, N. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Kerja Kepala Sekolah di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 940. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.494.

Fatimah, D. F., & Rohmah, N. (2016). Pola Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Ceria Gondangsari Suowono Jawa Tengah: Tahun Pelajaran 2015-2016. Managerial. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 247–273.

Fatimah, S., Amal, A., & Nilawati, A. (2021). Merdeka Bermain dengan Ingkung Bebek pada Kelompok B3 di TK Al Hikmah Bontang. Profesi Kependidikan, 2(1), 235–246.

Faturohman, N. (2021). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Kabupaten Serang. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 111-118.

Handayani, S. W., & Handayani, S. D. (2019). Innovation Strategy of Exploration in the Scientific Approached Study to Improve Expressive Language Skill in Early Childhood Education Labschool State University of Semarang.International Conference Primary Education Research Pivotal Literature and Research UNNES 2018 (IC PEOPLE UNNES 2018).

Harefa, D., Kumpangpune, N., & Tumbelaka, R. E. (2021). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Manajemen PAUD. Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, 27–34. http://ejournal-iakn-manado.ac.id/index.php/montessori/article/view/742

Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1–7.

Juniantara, I. W., & Riana, I. G. (2015). Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Koperasi di Denpasar. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(4), 611–628.

Marlina, S., Qalbi, Z., & Putera, R. F. (2020). Efektivitas Kemerdekaan Belajar Melalui Bermain Terhadap Karakter Anak TK Baiturridha Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 83-90.

Masykurin Ilma, I. L. (2021). Analisis Gaya Kepemimpianan Kepala Sekolah PAUD Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di RA DARUSALLAM. Loka Karya Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Ponorogo “Pengembangan Potensi Anak Usia Dini” Tahun 2021., 160–174.

Muhajir, Oktaviyanthi, R., Lida, U. M., Nasikhin, Muflihin, A., Syadzili, M. F. R., Nitasari, N., Zukana, S., Hariadi, Babang, V. M. M. F., Romadhon, S., Juwariyah, I., Ande, A., Bangun, S. Y., Maimunah, I., Martiningsih, D., Babang, M. P. I., Widanita, N., Nurdinah, … Kukuh, N. (2021). Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar. In Angewandte Chemie International Edition (Vol. 6, Nomor 11).

Mulatsih, H., M Nyoman, N. A., & Egar, N. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Paud Dan Profesionalisme Guru Terhadap Mutu Paud Di Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 7(3). https://doi.org/10.26877/jmp.v7i3.3143

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Kepala Sekola Profesional: Dalam Konteks menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prameswari, T. W. (2020). Merdeka belajar: sebuah konsep pembelajaran anak usia dini menuju indonesia emas 2045. Seminar Nasional Penalaran dan Penelitian Nusantara, 1, 76–86.

Pratiwi, R. Y., Zulkifli, N., & Puspitasari, E. (2017). Hubungan Persepsi Guru Tantang Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru TK Se Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 1–12.

Rahmat. (2016). PAI Interdisipliner: Layanan Khusus, Kenakalan Remaja, Intergrasi IMTAQ & IPTEK, Pendidikan Anti Kekerasan, dan Kurikulum berbasis Karakter. Deepublish.

Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj

Sari, Y., Khosiah, S., Maryani, K., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2020). Pengaruh Gaya Aguswara, Winda Wirasti, Rachmadtullah, R. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi Dengan Kinerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 369–385. https://doi.org/10.21009/jpud.112.14.

Satyawati, S. T., Dwikurnaningsih, Y., Ismanto, B., Iriani, A., & Waruwu, M. (2022). The Meningkatkan Kemampuan Implementasi Merdeka Belajar Melalui Seminar Online Bagi Guru dan Kepala Sekolah. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 353-363.

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Nomor 9).

Suryana, D. (2014). Kurikulum pendidikan Anak Usia Dini berbasis Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 2(1), 65–72.

Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta: Rajawali Pers.

Westhisi, S. M., & Nuraeni, L. (2022). Penyuluhan Daring Pendekaan Reggio Emilia Melalui Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak dalam Konteks Merdeka Belajar Bagi Pendidik Kober di Desa Cilame Kabupaten Bandung Barat. Abdimas Siliwangi, 5(1), 25–34.

Wijaya, B. R. & Supardo, S. (2011). Kepemimpinan Dasar-Dasar dan Pengembanganya, Edisi 1. Yogyakarta: Andi Offset.

Yuningsih, Y. (2019). Pendidikan Kecakapan Abad Ke-21 Untuk Mewujudkan Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 9(1), 135–152.

Published

2022-12-31