Problematika Pembelajaran Daring Anak Mengalami Kesulitan Belajar "Disleksia"

Authors

  • Irna Nafisyah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i1.5639

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui kesulitan belajar atau disleksia  yang dialami oleh anak dalam proses pembelajaran daring dan untuk mengetahui apasaja factor penyebab disleksia yang dialami oleh anak. Jenis kesulitan belajar yang diteliti ialah “Disleksia”. Disleksia ialah kondisi yang memiliki ketidakmampuan dalam membaca, menulis, serta mengeja kalimat yang sifatnya umum hingga kompleks. Anak yang mengalami disleksia memiliki IQ yang normal seperti kebanyakan anak, bahkan diatas normal, tetapi kemampuannya dalam membaca serta menulis yang rendah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kepustkaan (library research), dimana objek penelitian dapat dicari oleh berbagai informasi seperti buku, jurnal ilmiah, dan dokumen. Pada tahun 2019 terdapat jurnal yang meneliti masalah yang sama, yaitu sebanyak 37% anak  di 7 sekolah di Kota Surababaya mengalami disleksia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang mengalami disleksia disebabkan oleh ketidaksesuaian pola asuh yang diberikan oleh orang tua dan proses pembelajaran yang monoton berdampak pada kurangnya motivasi anak untuk mengembangkan kreatifitas.

Downloads

Published

2022-07-03