PERAN GURU DALAM MENANAMKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA DINI

Authors

  • Rodhotul Islamiah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • ichsan ichsan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i2.5826

Abstract

Guru merupakan pemeran penting pada lembaga pendidikan, penanaman rasa percaya diri anak sejak dini merupakan hal yang harus diterapkan. Percaya diri merupakan perasaan yakin, tidak ragu dalam bertindak dan selau yakin dengan dirinya. Penelitian ini mengkaji tentang peranan guru dalam menanamkan rasa percaya diri pada anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif, dimana pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara dalam mengumpulkan informasi. Pada penelitian ini narasumbernya yaitu salah satu dewan guru yang ada pada lembaga pendidikan tersebut. Peran guru dalam menanamkan rasa percaya diri anak melalui pembelajaran yyang dilaksanakan pada lembaga pendidikan tersebut. Saat pembelajaran berlangsung, gru menjadi fasilitator sekaligus motivator anak. Saat pembelajaran guru memotivasi anak dalam menyelesaikan tugasnya, dan gru sebagai pendampin anak saat anak masih bingung dengan tugas yang telah diberikan oleh guru. Sebelum guru melaksanakan pembelajaran, guru selalu memberikan contoh terlebih dahulu. Disini guru berperan sebagai vasilitator pada anak. Maka peran guru dalam menanamkan rasa percaya diri anak melaui guru menjadi fasilitator, motivator sekaligus pendamping pada anak.

References

Fakhiroh, A., & Hidayatullah, S. (2018). Pengaruh Percaya Diri Terhadap Keterampilan Berbicara. El-Ibtikar, 34–46.

Fazrin Febriyanti Bita, Isti Rusdiyani, S. K. (2018). Hubungan Reward Orang Tua Dengan Sikap Percaya Diri Anak. Jurna Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Untirta, 5.

Fitriani, A. (2017). Strategi Pengembangan Kepercayaan Diri Pada Anak Usia Dini. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 101–104.

Hajar, R. (2019). Pengaruh Bercerita Terhadap Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Semesta Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran.

Karmiyanti, R., Chandra, A., & Sagala, D. (2019). Analisis Home Visit Terhadap Kepercayaan Diri Usia 4-5 Tahun. Jurnal Paudia, 8, 163–172.

Larasani, N., Yeni, I., & Mayar, F. (2020). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 2368–2374.

Made, A. A. (2017). Penerapan Bermain Untuk Membangun Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. Journal Of Early Childhood and Inclusive Education, 1, 1–8.

Paruha Elsa Brigita, Aswadi, Y. D. (2017). Peran Guru Dalam Melatih Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kristen Immanuel Sungai Raya. Jurna Pendidikan Dan Pembelajaran, 1–10.

Rahman, M. M. (2013). Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepercayaan Diri Pada Anak Usia Dini. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam.

Regina Fransiska, Relita Triana Desi, A. K. (2016). Hubungan Antara Rasa Percaya Diri Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Karya Sekadu Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Profit, 7(1), 51–66.

Sidik Umar, Choiri Miftachul Muh, M. A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan.

Supena, A., & Nurani, Y. (2021). Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini melalui Kegiatan Jurnal Pagi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2250–2258. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1109

Wardani, I. K., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2021). Hubungan Antara Peran Guru Dengan Rasa Percaya diri Anak Usia Dini. Jurnal Kumara, 9(4).

Yani, N. M. U. A. (2018). Peran Guru dalam Menstimulasi Kemampuan Menggambar pada Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Kuningan Jawa Barat. Journal Of SECE (Studies in Early Chilhood Education, 52–58.

Published

2022-12-31