Keterlibatan Orang Tua Dalam Bidang Pendidikan Selama Pembelajaran Dari Rumah

Authors

  • Nika Cahyati STKIP MUHAMMADIYAH KUNINGAN
  • Siti Empat Fatimah STKIP MUHAMMADIYAH KUNINGAN

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i1.6055

Keywords:

Keterlibatan orangtua, Pendidikan, Pembelajaran dari Rumah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua selama BDR dan mengetahui perkembangan sosial emosional anak selama belajar dari rumah. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subyek dalam penelitian ini adalah orang tua siswa kelas B KB Al-Huda I Paninggaran sebanyak 18 orang, data dikumpulkan  melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran selama daring kurang efektif dilakukan bagi anak usia dini, keterlibatan orangtua mendampingi anak ketika belajar dari rumah dapat meningkatkan kelekatan anak dengan orang tua, hasil belajar anak selama pembelajaran dirumah masih kurang efektif karena pembelajaran secara online mengalami beberapa keterbatasan, diantaranya kurangnya bersosialisasi, anak mengalami penurunan motivasi, kurangnya minta belajar anak, materi tidak disampaikan dengan baik

Author Biography

Nika Cahyati, STKIP MUHAMMADIYAH KUNINGAN

Early Childhood Education

References

Agus Purwanto. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Edupsycouns Journal, 2 no 1.

Agustin, M. (2013). MENGENALI DAN MENGEMBANGKAN POTENSI KECERDASAN JAMAK ANAK SEJAK DINI SEBAGAI TONGGAK AWAL MELAHIRKAN GENERASI EMAS Mubiar. Cakrawala Dini, 4, 2.

Aslan, A. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital. Jurnal Studia Insania, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(1), 4–6.

Ciptaningtyas, A., Yetti, E., & Hartati, S. (2020). Metode Pelatihan dan Persistensi Berpengaruh terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.440

Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548

Haerudin, Cahyani, A., Sitihanifah, N., Setiani, R. N., Nurhayati, S., Oktaviani, V., &, & Sitorus, Y. I. (2020). Pembelajaran Di Rumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19. Pembelajaran Di Rumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19. Jurnal Golden Age, 5(1), 1–12.

Jayawardana, H. B. ., Zahro, I., & Pertiwi, E. P. (2020). Identifikasi Kesulitan Guru Paud Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusinya. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 40–50. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6647

Ke, H., AlSaqqaf, A., & Swanto, S. (2020). E-learning readiness among English language teachers in Sabah, Malaysia: A pilot study. 2(September), 120–127.

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8.

Puspita, S. M. (2019). Kemampuan Mengelola Emosi Sebagai Dasar Kesehatan Mental Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 5(1), 85–92.

Puspitasari, E. (2014). Pendekatan pendidikan karakter. Jurnal Golden Age, 3(1), 9–17.

Rohmah, N. (2016). Bermain Dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi, 13(2), 27–35.

Santrock, J. W. (2011). Life Span Development (13th ed.). The McGraw-Hill Companies.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740

Downloads

Published

2022-06-27