Implementasi Nilai Pancasila Pada Sila Pertama Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Dian Karuna

Authors

  • Lathipah Hasanah
  • Nurul Bahi
  • Nurul Bahi Syarif Hidayatullah State Islamic University, Jakarta
  • Nurvianti Nurvianti
  • Ragita Cahyantika
  • Sekar Prameswari

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i2.6894

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi nilai Pancasila pada Sila Pertama dalam pembelajaran anak usia dini di TK Dian Karuna yang berlokasi di Jl. Bukit indah Raya, Ciputat, Tanggerang Selatan, Banten. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawnacara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini meliputi perencanaan guru dalam menanamkan nilai Pancasila pada Sila Pertama dengan menggunakan rencana pembelajaran yang mengikuti kurikulum sekolah serta melihat situasi dan kondisi sekolah. Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru membiasakan anak didiknya untuk membaca doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Dalam evaluasi pembelajaran, guru melakukan tes pencapaian hafalan yang kemudian dinilai menggunakan teknik penilaian yaitu ceklist. Untuk konten Pancasila pada sila pertama yang diajarkan kepada siswa di TK Dian Karuna ini adalah toleransi dan mempercayai Tuhan sesuai dengan agamanya masing-masing. Penerapan sila pertama pada Pancasila di TK Dian Karuna ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. 

References

Adetia, N. A. (2017). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dalam Perencanaan Pembelajaran Terhadap Mutu RPP Di SD N 1 Kalimantan Wetan Kabupaten Purbalingga. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 20.

Anggi Nuari, Y. S. (2015). Analisis Pembiasaan Perilaku Berdoa Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Al-Iman Pontianak Tenggara. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2.

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar , 57-58.

Deffa Lola Pitaloka, D. E. (2021). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Toleransi Pada Anak

Usia Dini Di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1697. Devi, D. A. (2019). Nilai-Nilai Pancasila. Tanggerang: LOKA AKSARA

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3.

Rizky Satria, P. A. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pancasila. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Rodhotul Islamiah, H. Y. (2022). Teknik Ceklist Pada Assesmen Harian Perkembangan Anak Di RA . Jurnal Pendidikan Tambusai, 11986.

Rosida Kerin Meirani, I. a. (2022). SOCIETY 5.0 URGENSI PENANAMAN NILAI-NILAI PADA SILA PERTAMA PANCASILA PADA ANAK USIA DINI. SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN STRATEGIK PENGEMBANGAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA ANAK USIA DINI, 2.

Shinta Lestari, H. Y. (2020). Keterampilan Sikap Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun . Jurnal PAUD Agapedia, 338.

Sulistiyowati, L. (2013). Partisipasi Masyarakat Pada Pelestarian Tradisi Suran Mbah Demang Sebagai Kearifan Lokal Di Modinan, Banyuraden, Gamping, Sleman. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Suprayogo, I. (2016, Desember 6). Retrieved Oktober 29, 2022, from GEMA : Media Informasi dan Kebijakan Kampus: https://uin-malang.ac.id/r/161201/toleransi-dalam- beragama.html

Utami, M. A. (2018). Penanaman Sila Ketuhanan Yang Maha Esa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA Negeri 1 Toho Kabupaten Mempawah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 310-311.

Wahyono, I. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Pembelajaran Di SDN Sekarsuli. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 133-134.

Downloads

Published

2022-12-31