STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS B TAMAN KANAK-KANAK KELAYU JORONG

Authors

  • M. Deni Siregar Universitas Hamzanwadi
  • Ida Bagus Putrayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Sudiana

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i2.6982

Keywords:

Strategi Guru dan Keterampilan Berbicara

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa di kelas B taman kanak-kanak. Diamana siswa TK pada dasarnya masih dalam keadaan proses bisa berbicara apa adanya asalkan aktif menyampaikan semua yang diinginkan. Namun ternyata banyak pula siswa yang masih malu, pendiam, dan tidak aktif dalam berbicara, hal inilah yang menunut guru harus aktif dan kreatif dalam meningkatkan motivasi anak dalam berbicara dengan aktif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data observasi dan wawancara dapat disimpulkan hasil penelitian yaitu dengan guru menstimulus agar selalu menceritakan pengalaman atau kejadian yang dialaminya, tetap memberi pujian, kasih sayang, memberikan kegiatan sesuai minat yang membuat anak mampu fokus dalam waktu yang agak lama, sehingga anak-anak memiliki keterampilan dalam berbicara.

Kata kunci : Strategi guru dan Keterampilan berbicara

Author Biography

M. Deni Siregar, Universitas Hamzanwadi

PGSD FIP Universitas Hamzanwadi

References

Aljena, S. C., & dkk. (2020). Pengaruh Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa.

Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo), 01, 127.

Asfari, Melly., Fahruddin., Habibi,M., Suwasa I.M. (2022). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penggunaan Media Gambar Berseri. Journal of Classroom Action Research.DOI:10.29303/jcar.v4i4.2245. https://www.jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/article/view/2245/1525

Azizah, U. (2018). Keterlambatan Bicara dan Implikasinya dalam Pembelajaran Anak Usia Dini.Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam,6(2), 281-297

Fakhira, D., Fahruddin, F., Rachmayani, I., & Astini, B. N. (2021). Identifikasi Perkembangan Bahasa Keaksaraan Anak Kelompok A di TK Raudatush Shibyan Ampenan.Journal of Classroom Action Research,3(2), 160-163.

Gilatong, D., Manopo,S., Sumual,O. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Pop Up Book di TK Injil Parepei Kecamatan Remboken. KIDSPEDIA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.3 No.1 Juni, 2022. http://ejurnal.unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/5042/2333

Masganti. 2017. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Depok: Kencana.

Muliawati, A., Sumardi, S., & Elan, E. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Boneka Tangan Pada Kelompok B di TK Plus Salsabil Kabupaten Cirebon.Jurnal PAUD Agapedia,3(1), 11-23.

Mustafa, P.S., Angga, P.D. (2022). Strategi Pengembangan Produk dalam Penelitian dan Pengembangan pada Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, Vol 6 No 3, Juli 2022

Novriana, Irma.,Ramanata, D., Imelda RA. (2022). Pengaruh Pemberian Reward terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 1 di SDN 3 Rambutan. Journal on teacher education Research & Learning in Faculty of Education. Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022 Halaman 685-690.DOI:https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.6742. https://journal.Universitaspahlawan.ac.id/ index.php/jote/article/view/6742

Praheto, B. E., Andayani, A., Rohmadi, M., & Wardani, N. E. (2017, June). Peran Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Di Pgsd. InProceedings Education and Language International Conference(Vol. 1, No. 1).

Safitri, Yenny. (2017). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perkembangan Bahasa Balita di UPTD Kesehatan Baserah Tahun 2016. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, (Online), Volume 1, Issue 2, (https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/ article/view/35/34

Siregar, Saprina. (2020). Strategi Kayang di Sekolah Inklusi. Jawa Barat: Pilar Pustaka.

Sofia, Ari dan Gian Fitrian Anggraini. 2018. Interaksi Sosial Antara Guru dan Anak dalam Pengembangan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, (Online), Volume 1, Nomor 1, (http://journal2.um.ac.id/index.php/jp aud/article/download/6011/3181

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Published

2022-12-31